Implementasi E-Learning dan Komitmen Profesional Afektif Guru Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas Di Papua Selatan

Main Article Content

Donatus Wea
Paulina Wula

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh implementasi e-learning dan komitmen professional afektif guru terhadap peningkatan prestasi belajar siswa sekolah menengah atas di Papua Selatan. Data primer diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan kepada 60 guru yang berkarya di sekolah-sekolah lanjutan atas yang tersebar di daerah pedalaman dan pinggiran kota di Papua Selatan. Tiga hipotesis diuji dengan analisis structural equation model (SEM) dan terbukati signifikan. Temuan penelitian ini menyimpulkan bahwa prosentase yang tertinggi untuk variabel yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa adalah komitmen professional afektif guru. Pengaruh variable implementasi e-learning terhadap prestasi belajar siswa lebih rendah dibandingkan dengan komitmen professional afektif guru.  Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, yakni kondisi geografis Papua Selatan dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi, keterbatasan media komunikasi, sikap dan tanggapan para guru serta siswa terhadap penggunaan e-learning, kondisi ekonomi keluarga, ruang lingkup penggunaan media komunikasi dan rumitnya pengelolaan e-learning. Meskipun pengaruh e-learning terhadap prestasi belajar siswa lebih rendah jika dibandingkan dengan komitmen professional afektif guru, tetapi tetap menunjukkan pengaruh yang positif.

Article Details

How to Cite
Wea, D., & Wula, P. (2021). Implementasi E-Learning dan Komitmen Profesional Afektif Guru Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas Di Papua Selatan. Jurnal Masalah Pastoral, 9(2), 38-52. Retrieved from http://ojs.stkyakobus.ac.id/index.php/JUMPA/article/view/127
Section
Articles

References

Abidin, A. Zaenal, 2016.Pengaruh Komitmen Profesional Afektif dan Komitmen Profesional Normatif terhadap Komitmen Organisasional Dimoderasi Idealisasi Pengaruh (Studi Kasus pada Guru Smk Negeri di Kabupaten Pati), Jurnal Mahasiswa Pasca Sarjana Stikubank, Semarang.
Akiri, A. A., 2013. Effects of Teachers' Effectiveness on Students' Academic Performance in Public Secondary Schools; Delta State - Nigeria. Journal of Educational and Social Research, 3(3), 105.
Allen, N. J & Meyer, J. P. 1990.The measurement and antecedents of affective, continuence and normative commitment to the organization. Journal of Occupational Psychology, Printed in Great Britai, 63, 1-18.
Aryee, S., Wyatt, T., & Ma, K. M. 1991. Antecedents of Organizational Commitment and Turnover Intentions Among Professional Accountants in Different Employment Setting in Singapore. The Journal of Social Pshychology, 131(4), 545-556.
Astuty, E., 2015. Implementation Analysis of Lecturer's Pedagogical Competence on Student's Academic Achievement. Journal of Management Research, 7(2), 1 52.
Bossaert, G, S. Doumen, E.Buyse, K. Verschueren 2011. "Predicting Students' Academic Achievement after the Transition to First Grade: A Two-Year Longitudinal Study". Journal of Applied Developmental Psychology 32: 47–57.
Clark, R.C. & Mayer, R.E. 2008.E-learning and the science of instruction: proven guidelines for consumers and designers of multimedia learning, second edition. San Francisco: John Wiley & Sons, Inc.
Dahiya, S., 2012. An E-learning system for agricultural education, Indian Research Journal Of Extention Education, 12(3), pp. 132-135.
Djamaroh, S. B. 2002. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
____________, 2011. Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Eisenberger, R., Armelia, S., Rexwinkel, B., Lynch, P.D., & Rhoades, L. 2001. Reciprocation of Perceived Organizational Support. Journal of Applied Psychology, 86, 42-51.
Elyas, A. Hadi., 2028. Penggunaan model pembelajaran e-learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, Jurnal Warta, edisi 56, April 2018, ISSN: 1829 – 7463.
Hartanto, W., 2016.Penggunaan E-learning sebagai media pembelajaran, Jurnal Unej.ac.id, diakses pada tanggal 17 Mei 22020.
Ghozali, I. 2014. Aplikasi analisis multivariate dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Good, T. 2009. Teacher effectiveness in the elementary school: What do we know about it now? Journal of Teacher Education, 30, 52-64.
Hemati Alamdarloo, G., & Moradi, S. 2013. The Relationship between Students’ Conceptions of Learning and their academic achievement.Journal of Psychology, 4(1), 44-49.
Ibrahim, D. Septumarsa, Siti Partini Suardiman, 2014. Pengaruh penggunaan e-learning terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika siswa SD Negeri Tahunan Yogyakarta, Jurnal Prima Edukasia, Volume 2- Nomor 1, 2014.
Kline, R. B. 2005. Methodology in the social sciences.Principles and practice of structural equation modeling (2nd ed.). Guilford Press.
Koran, Jaya Kumar C., 2002.Aplikasi E-learning dalam Pengajaran dan pembelajaran di Sekolah Malasyia, (8 November 2002).
Kpolovie, P. J., Joe, A. I., & Okoto, T. 2014. Academic achievement prediction: Role of interest in learning and attitude towards school. International Journal of Humanities, Social Sciences and Education (IJHSSE),1 (11), 73-100.
Kusnandar, 2018. Inovasi pembelajaran berbasis TIK di sekola 3T provinsi Papua dan Papua Barat melalui pendampingan jarak jauh, Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol: 06/02 Desember 2018, ISSN: 2338 – 9184.
Lai, P. Y., & Chan, K. W. 2005.A structural model of conceptions of learning, achievement motivation and learning strategies of HongKong teacher education students. Australian Association of Research in Education Parramatta Conference, Sydney, 28 November-2 December.
Lassiter, K. (1995). The Relationship between Young Children's Academic Achievement and Measures of Intelligence. Journal of Psychology in the Schools 32: 170 –177.
Lee, T.W., Ashford, S.J., Walsh, J.P. & Mowday, R.T. 2011. Commitmen Propensity, Organizational Commitment and Voluntary Turnover : a Longitudinal Study of Organizational Entry Processees. Journal of Management. Vol. 18, No 1, 15-32
Meyer, J.P., Allen, N.J., & Smith, C.A. 1993. Commitment to Organizations and Occupations: Extension and Test of a Three-Component Conceptualization. Journal of Applied Psychology. Vol. 78, No 4, 538-551.
Meyer, J. P., & Allen, N. J. 1991.A Three-Component Conceptualization of Organizational Commitment. Human Resource Management Review, 1(1), 61-89.
Mulyasa, E., 2013. Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Munir, 2009.Pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Nurika, Restuningdiah, 2009. Pengaruh komitmen professional terhadap kepuasan kerja akuntan pendidik melalui komitmen organisasional, Jurnal Ekonomi Bisnis, No. 3, Tahun 14, November 2009.
Pai, F.-Y., Yeh, T.M., & Huang, K.I. 2012. Professional Commitmen of Information Technolog Employees Under Depression Environments. International Journal of Electronic Business Management, 10(1), 17-28.
Pardjono, Y.S., 2016. Pengaruh kompetensi guru, komitmen kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMp Andalan di Sleman, Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, Volume 9, Nomor 2, September 2016.
Peterson, E. R., Brown, G. T. L., & Irving, S. E. 2010.Secondary school students’ conceptions of learning and their relationship to achievement. Journal of Learning and IndividualDifferences, 20, 167-176.
Priyanto, 2008. Peran kesiapan E-learning dalam pengembangan E-learning untuk meningkatkan profesionalisme guru, Seminar Nasional “Mecetak Guru Profesional dan Kreatif bidan Vokasi”, Universitas Negeri Yogyakarta.
Psycharis, Sarantos, 2005. Presumption and action affecting an e-learning adoption by educational system implementation using virtual private network, http://www.eurodl.org/ material/contrib/2005/Saraantos_Psycharis.htm, diakses pada 20 Mei 2020.
Purdie, N., & Hattie, J. 2002. Assessing students’ conceptions of learning. Journal of Educational and Developmental Psychology, 2,17-32.
Rohmah, L., 2016. Konsep E-learning dan aplikasinya pada lembaga pendidikan Islam, Jurnal An-Nur 3(2).
Rosyati, Anita Damajanti, Dyah Nirmala Arum Janie, 2016. Pemodelan komitmen professional auditor di Jawa Tengah dengan pendekatan gender, Jurnal Dinamika Sosial Budaya, Vol. 18, No.2.
Rusman, dkk., 2011. Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi, mengembangkan profesionalitas guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Sudjana, N. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta.
Supardi, 2014. Kinerja Guru, Divisi Buku PerguruanTinggi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Wamala, R., Seruwagi, G. 2013. Teacher Competence and The Academic Achievement of Sixth Grade Students In Uganda. Journal of International Education Research, 9 (1), 83.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>