Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Katolik Pada Siswa Kelas V SD YPPK Don Boscho Budhi Mulia Merauke

Penulis

  • Yohanes Hendro Pranyoto STK St. Yakobus Merauke

DOI:

https://doi.org/10.60011/jumpa.v10i2.128

Kata Kunci:

media pembelajaran, motivasi belajar, pendidikan agama katolik, semangat belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model analisis regresi. Sampel dari penelitian ini adalah siswa-siswi SD YPPK Don Boscho Budhi Mulia kelas V Merauke, sebanyak 60 orang. Instrumen yang digunakan ialah angket dengan bentuk skala Likert. Hasil analisis data pada nilai Fhitung pada tabel anova, diperoleh signifikan hasil sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari taraf signifkan 0,05. Artinya Ha diterima dan Ho ditolak yang menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Besarnya pengaruh media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa diketahui besaran pada tabel summarry diperoleh nilai koefisien sebesar 0,962. Dapat disimpulkan bahwa variabel bebas (penggunaan media pembelajaran) berpengaruh sebesar 96,2% terhadap variabel terikat (motivasi belajar siswa), artinya penggunaan media pembelajaran memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan perlu meningkatkan efektivitas penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran di sekolah maupun di luar sekolah, pihak lembaga menambah penyediaan media pembelajaran agar para guru dan para siswa dapat menggunakannya untuk menambah wawasan dan keterampilan dalam setiap proses pembelajaran.

Referensi

Afif, Ahmad. (2015). Psikologi Pendidikan dan Perkembangan Peserta Didik.

Makassar: Alauddin University Press

Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : PT. Kharisma Putra Utama

Arsyad, Azhar. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta; PT Raja Grafindo Persada.

Bandura, Albert. (1986). Social foundations of thought and Action: a social Cognitive Theory.New Jersy: Prentice Hall, Inc.

Dalillah. (2019).Pengaruh penggunaan Gadget terhadap Perilaku sosial siswa di SMA Darussalam, Ciputat.

Dimyati & Mudjiono. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Asdi Mahasatya

Dina Indriana. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.

Djamarah. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Lidia Susanti. (2019). Prestasi Belajar Akademk. Malang: Literasi Nusantara.

Majid, Abdul. (2008). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Pt Remaja-

Rosdakarya

Makmun, Abin Syamsuddin. (2009). Psikologi Kependidikan. Bandung: PT Remaja Posdakarya.

Muhibbin Syah. (1995). Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru, Bandung: Rosdakarya..

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi- Informasi.

Pratiwi, Wulandari. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Muhamadiyah. 1 -Palembang.

Prawira. (2014). Psikologi pendidikan Dalam Perspektif Baru.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Priyanto, Duwi. (2009). Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS Dan tanya Jawab ujian pendadaran, Yokyakarta: Gava Media.

Riduwan. (2010). Rumus Dan Data Dalam Analisis Data Statika, Bandung: Alfabeta.

Rifa’i. (2011). Psikologi Pendidikan. Semarang: Upt Mku Unnes.

Riswati. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di Smk Negeri 1. Kabupaten Sinjai.

Sadiman. (2008). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Santrok, Jhon W. (2004). Psikologi pendidikan. Edisi kedua. Terjemahan oleh Triwibowo B.S. (2008) Jakarta: Kencana.

Sardiman A.M. (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung Alfabeta.

Suryani. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syafruddin. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran, Depok: PT Kanisius

Usman. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.

Wahyuningrum. (2017). Pengaruh Fasilitas Belajar Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar di kelas V. Kecamatan Pitulhu Kabupaten Purweleho.

Zainal Arifin. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Peendidikan Islam Kemeenag RI.

Unduhan

Diterbitkan

04-11-2023

Cara Mengutip

Pranyoto, Y. H. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Katolik Pada Siswa Kelas V SD YPPK Don Boscho Budhi Mulia Merauke. Jurnal Masalah Pastoral, 7(2), 89–106. https://doi.org/10.60011/jumpa.v10i2.128