Mengembangkan Kreativitas Anak Didik Melalui Model Pembelajaran Inteligensi Ganda

Penulis

  • Paulina Wula STK St. Yakobus Merauke

DOI:

https://doi.org/10.60011/jumpa.v3i1.17

Kata Kunci:

model pembelajaran, inteligensi ganda, kreativitas, menghadapi persoalan hidup lebih baik

Abstrak

Dalam tulisan ini, penulis mencoba menjelaskan salah satu model pembelajaran yang boleh diterapkan dalam dunia pendidikan. Model pembelajaran inteligensi ganda merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat menentukan tujuan dan program belajar yang sesuai dengan kemampuan inteligensi anak didik. Hal ini dimungkinkan karena di dalam seluruh proses pembelajaran ini, secara khusus memperhatikan inteligensi, bakat atau potensi yang ada dalam diri anak didik sehingga anak didik dapat kreatif sesuai dengan inteligensi, bakat maupun potensi yang dimiliki. Dengan demikian, hasil yang bisa dicapai dalam model pembelajaran intelegensi ganda adalah peserta didik yang cukup mampu menghadapi persoalan hidup yang lebih baik.

Referensi

FX. Dapiyanta. (2008). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Katolik di Sekolah. Yogyakarta: Program Studi Ilmu Pendidikan Kekhususan Pendidikan Agama Katolik, Universitas Sanata Dharma.

_____________, (2008). Pendidikan Agama Katolik Pada Tingkat Pendidikan Dasar. Yogyakarta: Program Studi Ilmu Pendidikan Kekhususan Pendidikan Agama Katolik, Universitas Sanata Dharma.

Guilford. (1977). Kepribadian Yang Kreatif (terj). Alfabeta: Bandung.

Mamzah HB. Uno dan Masri Kuarat. (2009). Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran: Sebuah Konsep Pembelajaran Berbasis Kecerdasan. Jakarta: Bumi Aksara.

Paul Suparno. (2004). Teori Inteligensi Ganda dan Aplikasinya di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius

S.C.Utami Munandar. (1988). Kreatifitas Sepanjang Masa. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

_________________, (1990). Mengembangkan Bakat dan Kreatifitas Anak Sekolah; Petunjuk Bagi Para Guru dan Orang Tua. Jakarta: PT.Gramedia.

Thomas Amstrong. (2002). Setiap Anak Cerdas; Panduan Membantu Anak Belajar Memanfaatkan Multiple Intelligence.(terj.); Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Wina Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Unduhan

Diterbitkan

01-02-2014

Cara Mengutip

Wula, P. (2014). Mengembangkan Kreativitas Anak Didik Melalui Model Pembelajaran Inteligensi Ganda. Jurnal Masalah Pastoral, 3(1), 37–50. https://doi.org/10.60011/jumpa.v3i1.17