Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Pembiasaan Refleksi

Penulis

  • Yohanes Hendro Pranyoto STK St. Yakobus Merauke

DOI:

https://doi.org/10.60011/jumpa.v4i1.20

Kata Kunci:

refleksi, hasil belajar, metode pembelajaran, kognitif, model pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini berangkat dari keprihatinan penulis bahwa hasil belajar mahasiswa sangat rendah dan kurang memuaskan. Salah satu alternatif solusi peningkatan kualitas pembelajaran ialah melalui metode pembiasaan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas penerapan pembiasaan refleksi dalam proses pembelajaran mata kuliah metode belajar efektif terhadap peningkatan hasil belajar kognitif pada mahasiswa. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) pada mahasiswa semester I. Pengumpulan data penelitian dengan menggunakan metode tes, observasi dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, implementasi metode pembiasaan refleksi dalam proses perkuliahan berjalan dengan lancar. Antusiasme mahasiswa sangat nampak dalam keterlibatan dan keseriusan mereka dalam menuliskan dan mensharingkan hasil refleksinya. Kedua, pembiasaan refleksi yang diaplikasikan dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa. Ini dibuktikan dengan peningkatan rata-rata hasil tes baik pada siklus I maupun siklus II. Pada siklus satu, rata-rata hasil tes mahasiswa meningkat dari 6,2 menjadi 7,2, sedangkan pada siklus II meningkat dari 7,3 menjadi 8,0. Peningkatan nilai rata-rata kelas ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kualitas proses pembelajaran yang berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa.

Referensi

Ani Widayati, Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. VI. No. 1. Tahun 2008.

Daniel Goleman, Kecerdasan Emosi: Mengapa Emotional Intelligence Lebih Tinggi Daripada IQ?, Alih bahasa: Hariono S. Imam. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2000.

Drost, J., Pedagogi Ignasian. Jakarta: Grasindo, 1999.

Finlay, Linda, Reflecting on Refelctive Practice. Jurnal Pendidikan No.52, Januari. 2008.

Gravissimum Educationis. Dokumen Konsili Vatikan II tentang Pendidikan Kristiani.

Gregory B. Sadler, Saint Anselm’s Fides Quarens Intellectum as A Model for Christian Philosophy. The Saint Anselm Journal 4.1. 2006.

Iskandar, Psikologi Pendidikan. Ciputat: Gaung Persada Press, 2009.

Konferensi Waligereja Indonesia, Iman Katolik. Yogyakarta: Kanisius, 1996.

Lexy J Moleong,Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007.

Rudi Susilana, Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima, 2009.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2009, Cet. Ke 8.

Trianto,Pembelajaran Kontekstual. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007.

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008.

____________,Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009

Winkel, W.S, Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT Grasindo, 1991.

Yoris Sebastian, Oh My Goodness. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2010.

Unduhan

Diterbitkan

01-04-2016

Cara Mengutip

Pranyoto, Y. H. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Pembiasaan Refleksi. Jurnal Masalah Pastoral, 4(1), 11–24. https://doi.org/10.60011/jumpa.v4i1.20

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>