Implementasi Pemberian Reward dan Punishment Untuk Meningkatkan Etos Kerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.60011/jumpa.v7i0-1.81Kata Kunci:
reward, punishment, etos kerjaAbstrak
Pemberian reward sangat efektif untuk meningkatkan kinerja seseorang. Selain itu pemberian reward juga dapat menumbuhkan motivasi dan prestasi kenerja. Tujuan dari pemberian reward adalah untuk menumbuhkan dan meningkatkatkan hasil kinerja yang lebih berkualitas dan perilaku positif dalam melaksanakan pekerjaan yang dipercayakan oleh atasan. Bentuk reward dapat berupa finansial maupun non finansial. Jika reward merupakan reinforcement yang positif, maka punishment sebagai bentuk reinforcement yang negatif, tetapi kalau diberikan secara tepat dan bijak maka menjadi alat motivasi. Jadi hukuman yang dilakukan bersifat pedagogis, yaitu untuk memperbaiki dan mendidik ke arah yang lebih baik. Pada dasarnya keduanya sama-sama dibutuhkan dalam memotivasi seseorang termasuk dalam memotivasi guru dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan kinerjanya. Keduanya merupakan upaya manajemen sumber daya manusia dari pimpinan terhadap kinerja dan produktivitas yang telah ditunjukkan oleh bawahannya.
Referensi
Devito, A. Joseph. 1997. Komunikasi Antar Manusia. Jakarta: Profesional Books.
Gibson dkk. 1985. Organisasi, Perilaku, Struktur, Proses. Jakarta: Erlangga
Hassibuan, SP. Malayu. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: BPFE.
Ivancevich, John M dkk. 2007. Perilaku dan Manajemen Organisasi. Jakarta: Erlangga
Kartono, Kartini. 1998. Pemimpin dan Kepemimpinan Dalam Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kreitner, Robert and Angelo Kinicki. 2005. Perilaku Organisasi (Orgaizational Behavior). Jakarta: Salemba Empat.
Luthans, Fred. 2006. Perilaku Organisasi Edisi Sepuluh. Yogyakarta: Andi.
Muhammad, Arni. 2001. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Reward
(Penghargaan)
Punishment
(Hukuman)
Kepuasan Kerja Terpenuhi
Etos Kerja Meningkat
JURNAL JUMPA Vol. VII, Edidi Khusus, Januari 2019| 95
Robbins, Stephen P. 2002. Prinsip-PrinsipPerilakuOrganisasi.Jakarta: Erlangga
Ruslan, Rosady. 2005. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo
Sevilla, Consuelo G dkk. 1993. Pengantar Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Indonesia (UI Press)
Suwarno. 1985. Pengantar Ilmu Pendidikan, Surabaya: Usaha Baru.
Umar, Husein. 2005 Riset Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Wibowo. 2009. Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers.
Wiryanto, Widiasarana.2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Gramedia Indonesia.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2019 Resmin Manik
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.