Kecerdasan Adversitas dan Kecerdasan Emosional Sebagai Pilar Karakter Katekis

Penulis

  • Resmin Manik STK St. Yakobus Merauke

DOI:

https://doi.org/10.60011/jumpa.v6i2.71

Kata Kunci:

kecerdasan emosional, kecerdasan adversitas, pilar karakter Katekis

Abstrak

Penelitian ini bertujan untuk mengetahui kemampuan calon-calon Katekis dalam mengolah kecerdasan emosional dan kecerdasan adversitas yang ada dalam dirinya. Dengan demikian pengalaman kecewa, marah dan ditolak menjadi peluang menumbuhkan sikap positif dan optimisme untuk membangun kinerja yang lebih berkualitas dan berdaya guna. Pola pengajaran Yesus dan sikap Yesus dalam menghadapi serta mengatasi kesulitan dan penderitaan menjadi cermin bagi para Katekis untuk mengoptimalkan pelayanan dan pewartaannya dalam tugas perutusan. Kemampuan para Katekis mengolah kecerdasan emosional dan kecerdasan adversitas menjadi pilar karakter Katekis yang berkualitas dan bidangnya. Katekis yang kurang terampil dalam mengolah kecerdasan emosional dan kecerdasan adversitasnya dapat menghambat perkembangan pribadi dan memandang tantangan serta kesulitan menjadi beban dan penderitaan sehingga menghambat perkembangan diri dan mutu pelayanan kurang optimal.

Referensi

Alkitab Deuterokanonika. 2014. Lembaga Alkitab Indonesia. Jakarta

Agustian, Ary Ginanjar. 2001. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual, ESQ: Emotional Spiritual Quotient berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam. Jakarta: Arga Wijaya Persada

Goleman, Daniel, Emotional Intelligence (terjemahan), Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2000.

Nggermanto, Agus. 2001. Quantum Quotient: Kecerdasan Quantum, Cara Praktis Melejitkan IQ, EQ, dan SQ yang Harmonis. Bandung: Nuansa.

Goleman, Daniel. 2006. Emotional Intelligence, Kecerdasan Emosional Mengapa EI Lebih Penting Daripada IQ. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, D. (2009). Kecerdasan Emosional: Mengapa EI Lebih Penting Daripada IQ. Terjemahan: Hermaya, T. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Stoltz, Paul G. (2000). Adversity Quotient (terjemahan): Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta: Gramedia.

_________ (2005). Adversity Quotient Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta: Grasindo.

Ziaran Batin (2019) Jakarta: Obor

Unduhan

Diterbitkan

02-10-2018

Cara Mengutip

Manik, R. (2018). Kecerdasan Adversitas dan Kecerdasan Emosional Sebagai Pilar Karakter Katekis. Jurnal Masalah Pastoral, 6(2), 99–109. https://doi.org/10.60011/jumpa.v6i2.71