Upaya Meningkatkan Keaktifan Berbicara Dalam Bahasa Inggris Melalui Model Pembelajaran Interaktif Mahasiswa STK St. Yakobus Merauke Tahun Ajaran 2018/2019

Main Article Content

Rosmayasinta Makasau

Abstract

Belajar bahasa Inggris membutuhkan waktu yang tidak singkat agar dapat memproduksi Bahasa tersebut. Berbagai metode ditawarkan oleh para ahli dan telah digunakan oleh para pengajar (guru maupun dosen) untuk memfasilitasi peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode interaktif dapat membantu peserta didik, dalam hal ini mahasiswa STK St. Yakobus Merauke, untuk dapat meningkatkan keaktifan atau frekuensi berbicara dalam bahasa Inggris (speaking).  Penelitian ini menggunakan meode Classroom Action Research (CAR) dengan menerapkan dua (2) siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam siklus pertama nilai mahasiswa belum mencapai standar pencapaian indikator untuk kompetensi dasar mata kuliah karena dari hasil rata-rata kelas yang diperoleh pada siklus I adalah 47,3. Sedangkan pada siklus kedua, nilai rata-rata kelas diperoleh 60,2. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan signifikan nilai dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran interaktif ini efektif diterapkan dalam upaya meningkatkan frekuensi/ keaktifan speaking kepada mahasiswa STK St. Yakobus Merauke pada semester pertama T.A. 2018/2019. 

Article Details

How to Cite
Makasau, R. (2020). Upaya Meningkatkan Keaktifan Berbicara Dalam Bahasa Inggris Melalui Model Pembelajaran Interaktif Mahasiswa STK St. Yakobus Merauke Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Masalah Pastoral, 8(2), 83-101. Retrieved from https://ojs.stkyakobus.ac.id/index.php/JUMPA/article/view/89
Section
Articles

References

Amidon & Hunter. 1967. Interaction Analysis: Theory, Research, and Application. Addison-Wesley Publishing Company, Inc. , New York.
Ellis, R. (2008). The Study of Second Language Acquisition: Second. Edition. University Press, Oxford.
Fiharsono, A. 2012. Penelitian Tindakan Kelas: Landasan Filosofis dan Panduan Praktis Bagi Guru dan Mahasiswa Keguruan. Kanisius, Yogyakarta.
Hatch,E.(1978). Discourse Analysis and Second Language Acquisition. Massachusetts, Newbury House.
Long, M. (1996). The Role of Linguistic Environment in Second Language Acquisition. Handbook of Research on Second Language Acquisition. Academic, New York.
Nunan, David. 1999. Second Language Teaching and Learning. Heinle & Heinle Publishers Inc, Boston.
Richards, J. C. & Schmidt, R. (1983). Conversational Analysis: Language and Communication. Longman, London.
Santrock, J.W. (2008). Educational Psychology. Third ed. McGraw-Hill, New York.
Yanfen, L. & Yuqin, Z. (2000). A Study of Teacher Talk in English Classes. Chinese Journal of Applied Linguistics, Vol. 33 no. 2, pp. 76-86.