Peranan Media Gambar Dalam Proses Pembelajaran Agama Katolik

Penulis

  • Paustina Ngali Mahuze STK St. Yakobus Merauke

DOI:

https://doi.org/10.60011/jumpa.v5i1.40

Kata Kunci:

penerapan, media gambar,, pembelajaran agama Katolik

Abstrak

Teknologi pembelajaran merupakan suatu bidang yang mengkaji teori dan
praktek dalam desain pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, serta
evaluasi proses dan sumber belajar. Desain pengembangan bahan ajar
berbasis strategi sinektik berbantuan media gambar dapat memecahkan
persoalan pembelajaran peserta didik yang kurang efektif dalam
mempraktekkan pengetahuan keagamaannya. Peranan media gambar
dalam desain pengembangan bahan ajar berbasis strategi sinektik
memperjelas pesan-pesan yang abstrak, menarik perhatian dan
menimbulkan motivasi serta gairah belajar, memungkinkan peserta didik
belajar mandiri, memberikan rangsangan yang sama, menyamakan
pengalaman dan persepsi yang sama bagi peserta didik dalam proses
pembelajaran. Media gambar memiliki peran dalam menyalurkan pesan
dari Allah sehingga merangsang perhatian, minat, perasaan dan pikiran
peserta didik dengan maksud menjadi semakin beriman kepada Tuhan,
dengan semikian membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman
dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia serta
mampu meningkatan spiritual.

Referensi

Daryanto. 2012. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Dimyati & Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: PT Rineka

Cipta.

Dokumen Konsili Vatikan II. 1993. Dekrit “Inter Mirifica” tentang Upaya-

Upaya Komunisasi Sosial. Jakarta: Obor.

Fahruq, A.H. 2015. Jenis-Jenis Gambar Ilustrasi, (Online),

(www.habibullahur.com/2015/08/html). Diakses 27 Juni 2016.

Hamiyah N & Jauhar, M. 2014. Strategi Belajar-Mengajar di Kelas.

Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.

Majid A. 2013. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar

Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik

dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Poerwadarminta, W.J.S. 2002. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai

Pustaka.

Prawiradilaga, S.D. 2012. Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta Kencana

Prenadamedia Group.

Rayani, B. 2012. Memahami Fungsi Gambar dan Standar Teknik, (Online),

(https://www.academia.edu/12118471.auto download). Diakses 25

Juni 2016.

Runtuwene. 2007. Pembelajaran PAK Berbasis Multimedia,(Online),

(www.bimaskatolikjatim.com/News 2. Php? op = 167). Diakses 18

November 2015.

Sadiman, A.S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. 2010. Media

Pendidikan: Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya.

Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sagala, S. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Setyosari, P & Sihkabuden. 2005. Media Pembelajaran. Malang:

Elang Mas.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta:

Rineka Cipta.

Wiyono, dkk.2009. Evaluasi Program Pendidikan dan Pembelajaran.

Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Yaumi, M. 2013. Prinsip-Prinsip Pesan Pembelajaran: Seseuai Kurikulum

Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Youngki. 2012. Peran Teknologi dalam Pengembangan Pendidikan di

Indonesia:(Online),https://www.youngkibudis.blogspot.co.id2012/

html), diakses 15 Agustus 2015.

Unduhan

Diterbitkan

01-04-2017

Cara Mengutip

Mahuze, P. N. (2017). Peranan Media Gambar Dalam Proses Pembelajaran Agama Katolik. Jurnal Masalah Pastoral, 5(1), 38–52. https://doi.org/10.60011/jumpa.v5i1.40