Peranan Media Gambar Dalam Proses Pembelajaran Agama Katolik
DOI:
https://doi.org/10.60011/jumpa.v5i1.40Kata Kunci:
penerapan, media gambar,, pembelajaran agama KatolikAbstrak
Teknologi pembelajaran merupakan suatu bidang yang mengkaji teori dan
praktek dalam desain pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, serta
evaluasi proses dan sumber belajar. Desain pengembangan bahan ajar
berbasis strategi sinektik berbantuan media gambar dapat memecahkan
persoalan pembelajaran peserta didik yang kurang efektif dalam
mempraktekkan pengetahuan keagamaannya. Peranan media gambar
dalam desain pengembangan bahan ajar berbasis strategi sinektik
memperjelas pesan-pesan yang abstrak, menarik perhatian dan
menimbulkan motivasi serta gairah belajar, memungkinkan peserta didik
belajar mandiri, memberikan rangsangan yang sama, menyamakan
pengalaman dan persepsi yang sama bagi peserta didik dalam proses
pembelajaran. Media gambar memiliki peran dalam menyalurkan pesan
dari Allah sehingga merangsang perhatian, minat, perasaan dan pikiran
peserta didik dengan maksud menjadi semakin beriman kepada Tuhan,
dengan semikian membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman
dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia serta
mampu meningkatan spiritual.
Referensi
Daryanto. 2012. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.
Dimyati & Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: PT Rineka
Cipta.
Dokumen Konsili Vatikan II. 1993. Dekrit “Inter Mirifica” tentang Upaya-
Upaya Komunisasi Sosial. Jakarta: Obor.
Fahruq, A.H. 2015. Jenis-Jenis Gambar Ilustrasi, (Online),
(www.habibullahur.com/2015/08/html). Diakses 27 Juni 2016.
Hamiyah N & Jauhar, M. 2014. Strategi Belajar-Mengajar di Kelas.
Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.
Majid A. 2013. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar
Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik
dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Poerwadarminta, W.J.S. 2002. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai
Pustaka.
Prawiradilaga, S.D. 2012. Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta Kencana
Prenadamedia Group.
Rayani, B. 2012. Memahami Fungsi Gambar dan Standar Teknik, (Online),
(https://www.academia.edu/12118471.auto download). Diakses 25
Juni 2016.
Runtuwene. 2007. Pembelajaran PAK Berbasis Multimedia,(Online),
(www.bimaskatolikjatim.com/News 2. Php? op = 167). Diakses 18
November 2015.
Sadiman, A.S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. 2010. Media
Pendidikan: Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya.
Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sagala, S. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Setyosari, P & Sihkabuden. 2005. Media Pembelajaran. Malang:
Elang Mas.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta:
Rineka Cipta.
Wiyono, dkk.2009. Evaluasi Program Pendidikan dan Pembelajaran.
Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Yaumi, M. 2013. Prinsip-Prinsip Pesan Pembelajaran: Seseuai Kurikulum
Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Youngki. 2012. Peran Teknologi dalam Pengembangan Pendidikan di
Indonesia:(Online),https://www.youngkibudis.blogspot.co.id2012/
html), diakses 15 Agustus 2015.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2017 Paustina Ngali Mahuze
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.