Faktor Penghambat Pengembangan Kompetensi Profesionalisme Guru Melalui Publikasi Karya Ilmiah Di Sma Negeri 1 Merauke

Penulis

  • Berlinda Setyo Yunarti STK St. Yakobus Merauke

DOI:

https://doi.org/10.60011/jumpa.v10i2.66

Kata Kunci:

Kompetensi, Profesionalisme, Karya Ilmiah

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kompetensi profesional guru melalui publikasi karya ilmiah. Sebagai seorang pendidik, guru diwajibkan memiliki sikap profesional. Persyaratan minimal guru professional antara lain: kualifikasi pengajaran profesional yang sesuai, kemampuan akademik yang sesuai dengan bidang pekerjaannya, keterampilan komunikasi yang baik dengan siswa, jiwa kreatif dan produktif, etika kerja dan komitmen tingkat tinggi melalui organisasi profesi, dan kemampuan lainnya. Guru terus menerus belajar dan menulis baik karya ilmiah untuk seminar maupun publikasi di media massa sebagai bentuk pengembangan profesionalismenya. Realitasnya banyak guru mengabaikan kegiatan menulis karya ilmiah karena tidak ada tuntutan atau kewajiban seorang guru untuk melakukan penelitian. Kondisi demikian membuat guru menjadi tidak produktif menghasilkan karya ilmiah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodek kualitatif deskriptif, yang akan menguraikan/mendeskripsikan hasil wawancara dan dokumen serta observasi yang diperoleh dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kenaikan pangkat guru-guru di SMAN 1 Merauke dengan memenuhi syarat kecukupan jam mengajar yaitu 24 jam per minggu, sehingga para guru hanya mengejar kecukupan jam mengajar dengan mengambil jam mengajar di sekolah lain. Sehingga guru tidak perlu melakukan penelitian. Kesulitan lain yang dihadapi guru-guru di SMAN 1 Merauke dalam memproduksi karya ilmiah yaitu faktor: a) waktu, b) motivasi, c) keterampilan menulis ilmiah, d) usia guru dan e) pengakuan/apresiasi/insentif.

Referensi

Amat Jaedun. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Karya Tulis Ilmiah. Jurnal Humanity, Vol 10(No.1), 1.

Darmalaksana, W., & Suryana, Y. (2018). Korespondensi Dalam Publikasi Ilmiah. Jurnal Perspektif, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.15575/jp.v1i2.10

Dr. Umar Sidiq, M.Ag Dr. Moh. Miftachul Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf

DRS.Totok Djuroto, M.SI & DRS. Bambang Suprijadi, M. S. (2002). Menulis Artikel Dan Karya Ilmiah (p. xvi + 184).

Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19. https://doi.org/10.21009/jkkp.051.02

Jamin, H. (2018). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(1), 19–36.

Krismanto, W. (2016). Publikasi ilmiah sebagai wujud profesionalisme guru. Diklat Literasi Guru: Dahsyatnya Menulis KTI Guru, 1–10.

Kuswara. (2017). Membuat Karya Tulis Ilmiah, Yuuk.. ! Kemdikbud, 1–65.

Mulbar, U., & Zaki, A. (2018). Peningkatan profesionalisme guru melalui pelatihan penulisan karya tulis ilmiah. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 587–590. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i4.4925

Noorjannah, L. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru Bagi Guru Profesional Di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1), 97–114.

Nurtanto, M. (2016). Mengembangkan kompetensi profesionalisme guru dalam menyiapkan pembelajaran yang bermutu. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, 10, 553–565. http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/viewFile/8975/6535

Pratomo A.W, A. (2018). PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH Nizamia Learning Center

Nizamia Learning Center, 1, undefined-110. www.nizamiacenter.com

Ramdani, S. D. (2017). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Produktivitas. 2, 139–147.

Rosmiati, A. (2017). Dasar-dasar Penulisan Karya Ilmiah. In ISI Press. http://repository.isi-ska.ac.id/1395/3/Dasar-Dasar Penulisan Ilmiah.pdf

Sastrawan, K. B. (2018). Profesionalisme Guru Dalam Upaya. Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2), 65–73.

Tulis, J. K., Dan, I., On, K. T. I., Yani, D. A., & Si, M. (2007). Jenis-jenis karya tulis ilmiah dan kti - on line 1.

Yusuf, T., & Suci, G. (2018). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Smk Negeri 2 Penajam Paser Utara. Jurnal GeoEkonomi, 9(2), 117–132. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v9i2.23

Unduhan

Diterbitkan

03-10-2022

Cara Mengutip

Yunarti, B. S. (2022). Faktor Penghambat Pengembangan Kompetensi Profesionalisme Guru Melalui Publikasi Karya Ilmiah Di Sma Negeri 1 Merauke. Jurnal Masalah Pastoral, 10(2), 57–68. https://doi.org/10.60011/jumpa.v10i2.66