Peningkatan Kualitas Guru Pendidikan Agama Katolik (PAK) Melalui Penerapan Model Rekrutmen dan Seleksi Berbasis Kitab Hukum Kanonik 1983

Penulis

  • Donatus Wea STK St. Yakobus Merauke

DOI:

https://doi.org/10.60011/jumpa.v7i1.86

Kata Kunci:

Guru PAK, Kualitas, Rekrutmen dan Seleksi, Kitab Hukum Kanonik 1983

Abstrak

Salah satu strategi yang harus dilakukan oleh penyelenggara sekolah agar memperoleh calon-calon guru yang berkualitas adalah penerapan rekrutmen dan seleksi sesuai dengan aturan yang berlaku. Demikian halnya dengan guru-guru pendidikan agama katolik (PAK). Jika prosedur rekrutmen dan seleksi guru PAK diikuti dengan baik, maka kebutuhan akan guru-guru PAK yang bermutu, yang menjadi kerinduan setiap sekolah dapat dijawab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model rekrutmen dan seleksi calon guru PAK yang diterapkan selama ini di kabupaten Merauke, dengan berbagai dampak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, yakni serangkaian prosedur penelitian yang menghasilkan data secara deskriptif baik secara lisan maupun tertulis dari sumber atau perilaku orang yang dapat diamati. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa selama ini rekrutmen dan seleksi calon guru PAK tidak mengikuti prosedur standar yang lazim berlaku, dengan salah satu konsekwensinya adalah masih adanya beberapa guru PAK di sekolah-sekolah dengan kompetensi yang kurang memadai. Agar persoalan ini dapat diatasi, maka dibutuhkan model rekrutmen dan seleksi yang khusus, yang menjadi kekhasan dalam Gereja katolik, yakni yang berbasis Kitab Hukum Kanonik 1983. Dengan menerapkan model ini, maka hanya calon-calon guru PAK yang bermutulah, yang akan ditempatkan di sekolah-sekolah, dan yang akan berpengaruh terhadap pendidikan iman dan moral peserta didik.

Referensi

Abel, Marie-Helene (2008). Competence and Learning Organizational Memory, Journal of Knowledge Management, Vol. 12, (6), pp. 15-30.

Abell, Sandra, et all., Recruiting future science and mathematics teachers into alternative certification programs: strategies tried and lessons learned, Journal of science teacher education (2006), 17: 165 – 183.

Adeniyi Mudashiru Mustapha, et. al., (2013), The Impact of well Planned Recruitment and Selection Process on Corparate Performance in Nigerian Banking Industry. International Journal of Academic Research in Bussiness and Social Sciences, Vol. 3, no. 9.

Arikunto S, dan L. Yuliana, 2008. Manajemen pendidikan. Yogyakarta: Aditya.

Beal, John P., James A. Coriden, Thomas J. Green (eds.), 2003. New commentary on the code of canon law, Bangalore: Theological Publications.

Betty Akultu Ezati, et. al., 2014. Addressing Pedagogical Training Needs of Teaching Staff: Lessons from Makerere University Short Professional Development Programs 2006 – 2010. American Journal og Educational Research, Vol. 2, no. 12, 1190- 1198.

Bracey, G. W., dan Molnar, A. 2003. Recruiting, Preparing and Retaining High Quality Teachers: An Empirical Synthesis. Education Policy Studies Laboratory Division of Educational Leadership and Policy Studies College of Education, Arizona State University, (Online), (http://nepc.colorado. edu/files/EPSL 0302-102-EPRU.pdf, diakses 28 Januari 2017).

Cooper, dan Alvarado, A. 2006. Preparation, Recruitment, and Retention of Teachers. UNESCO International Academy of Education, (Online), (http://www.unesco.org/iiep/PDF/Edpol5.pdf,diakses 28 Januari 2017).

Gomez, F.C. 2003, Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Penerbit Andi.

Malayu, H. Hasibuan S.P. 2007, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara.

Katou, A. A. dan Budhwar, P.S. 2007 “The Effect of Human Resource Management Policies on Organizational Performance in Greek Manufacturing Firms” Thunderbird International Bussiness Review, 49 (1): 1-35.

Komisi Kateketik Konferensi Waligereja Iindonesia. 1997, Pedoman Untuk Katekis. Yogyakarta: Kanisius.

Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), 2006. Kitab Hukum Kanonik 1983, Jakarta: Obor.

_______, 2007, Katekismus Gereja Katolik, Cetakan ke-3, Flores: Nusa Indah.

Luft, Julie, et all. Rethingking recruitment: The comprehensive and strategic recruitment of secondary science teachers, Journal of science teacher education (2011), 22: 459 – 474.

Malthis, Robert, L dan John H. Jackson, 2001, Human Resource Management (Manajemen Sumber Daya Manusia), terjemahan Diana Angelica, Jakarta: Salemba Empat.

Mondy R. Wayne, 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Erlangga.

Sukasah, Taufik, 2005. "Pengaruh Proses Rekrutmen, Seleksi dan Penempatan terhadap Kinerja Pegawai di Deputi Administrasi Sekretariat Negara RI”. Universitas Indonesia.

Townsend, Keith. Recruitment, training and turnover: another call centre praradox (2007), Journal of Europeans Industrial Training, Vol. 24, no. 1, pp. 43 – 49.

Undang-Undang Republik Indonesia, no. 20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia, no. 14, tahun 2005, tentang Guru dan Dosen.

Usman, Moh. 2006. Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Winter, Paul, A. et all., Principal Recruitment: An empirical evaluation of a school district’s internal pool of principal certified personnel, Journal of personnel evaluation in education (2002), 16: 2, 129 – 141.

Whiteker, Kathryn S. Principal Role Changes and Influence on Principal Recruitment and Selection (2003), Journal of educational administration, Vol. 41, no. 1, pp. 37 –54.

Unduhan

Diterbitkan

01-04-2019

Cara Mengutip

Wea, D. (2019). Peningkatan Kualitas Guru Pendidikan Agama Katolik (PAK) Melalui Penerapan Model Rekrutmen dan Seleksi Berbasis Kitab Hukum Kanonik 1983. Jurnal Masalah Pastoral, 7(1), 16–35. https://doi.org/10.60011/jumpa.v7i1.86

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>