Unisitas Dan Universalitas Keselamatan Yesus Dalam Konteks Pluralitas Agama Di Indonesia

Penulis

  • Fabianus Selatang STP IPI Malang

DOI:

https://doi.org/10.60011/jumpa.v4i1.19

Kata Kunci:

pluralitas agama, keselamatan, universalitas, unisitas

Abstrak

Konsep keselamatan dalam Katolik jelas berbeda dengan pengertian keselamatan dalam agama-agama lain. Konsep keselamatan yang diwartakan oleh Yesus mampu dipahami oleh umat Katolik. Akan tetapi, bagi umat non Katolik, konsep keselamatan Yesus Kristus tidaklah mudah diterima apalagi diakui. Pertanyaannya ialah bagaimana mungkin umat non Katolik bisa menerima Yesus yang datang ke dunia, mengalami penderitaan, sengsara dan wafat di salib dapat menyelamatkan semua orang? Bagi umat Katolik, unisitas karya keselamatan Yesus bersumber pada persekutuan keallahan, pada hidup dan karya Tritunggal. Pengakuan orang Katolik terhadap unitas dan universalitas keselamatan Yesus merupakan bentuk pengakuan eksplisit. Bagaimana dengan konsep universalitas keselamatan Yesus bagi orang beragama bukan Katolik yang tidak secara eksplisit menyatakan iman akan Dia sebagai Sang penyelamat. Letak universalitas keselamatan Yesus sebagai kebenaran iman Katolik, bahwa kehendak penyelamatan universal Allah yang Satu dan Tritunggal disajikan dan dicapai sekali untuk selamanya dalam misteri inkarnasi, wafat dan kebangkitan Putera Allah. Misteri inkarnasi, wafat dan kebangkitan Yesus serta melalui komunikasi Roh Kudus, orang bukan agama Katolik menerima universalitas keselamatan Yesus.

Referensi

Mark Heim, S., Salvation Truth and difference in Religion. New York: Orbis, 1995.

Syukur Dister, Nico,Teologi Sistematika 2. Yogyakarta: Kanisius, 2004.

Yohanes Paulus II,Church in Asia (Gereja Di Asia), terj. R. Hardawiryana. Jakarta: Dokumentasi dan Penerangan KWI, 2000.

_______________,Dominus Iesus (Tuhan Yesus), terj. R. Hardawiryana. Jakarta: Dokumentasi dan Penerangan KWI, 2001.

Pluralisme, terj. R. P. Piet Go. Jakarta: Dokumentasi dan Penerangan KWI, 2008.

“Melintas” majalah Fakultas Filsafat universitas Parahyangan. Bandung: Fakultas Filsafat Parahyangan, 1988.

http://www.hidayatullah.com/index.php?option=com_content&view=article&id=1405:pluralisme-klaim-kebenaran-yang-berbahaya& catid=68:opini&Itemid=68. Minggu 11 Oktober 2015.

http://islamlib.com/id/artikel/pluralitas-makna-pluralisme-agama/, Minggu 11-10-2015.

Unduhan

Diterbitkan

01-04-2016

Cara Mengutip

Selatang, F. (2016). Unisitas Dan Universalitas Keselamatan Yesus Dalam Konteks Pluralitas Agama Di Indonesia. Jurnal Masalah Pastoral, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.60011/jumpa.v4i1.19