Studi Tentang Pemahaman Terhadap Hakikat Dan Tujuan Perkawinan Katolik Oleh Para Pasangan Dan Dampaknya Terhadap Perwujudan Panca Tugas Gereja Dalam Keluarga

Main Article Content

Donatus Wea

Abstract

Artikel ini membahas tentang pemahaman para pasangan perihal hakikat dan tujuan perkawinan Katolik dan dampaknya terhadap panca tugas Gereja dalam kehidupan keluarga. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui wawancara mendalam kepada 51 orang (pasangan suami-isteri dan tokoh Gereja). Tiga rumusan masalah dianalisis secara deskriptif dan induktif. Hasilnya adalah pemahaman pasangan tentang hakikat dan tujuan perkawinan Katolik cukup baik, komprehensif dan sejalan dengan apa yang ditetapkan oleh Gereja Katolik. Temuan ini membuktikan bahwa pemahaman pasangan bermanfaat dan menjadi acuan untuk mewujudkan panca tugas Gereja dalam hidup berkeluarga (koinonia, leiturgia, diakonia, martyria dan kerygma). Ada juga  faktor lain yang mempengaruhi kesanggupan pasangan untuk menjalankan panca tugas Gereja, yakni kesadaran bahwa keluarga adalah sebuah institusi yang suci. Kesadaran ini justru bertumbuh di tengah arus modern di mana keluarga lebih dilihat sebagai sebuah isntitusi yang bersifat manusiawi semata. Selain itu, daya juang pasangan untuk terus mempertahankan jatidirinya sebagai keluarga Katolik juga menjadi salah satu faktor pendukung. Realitas ini menjadi contoh bagi para pasangan muda dan juga mereka yang hendak mempersiapkan diri untuk memasuki jenjang kehidupan berkeluarga.

Article Details

How to Cite
Wea, D. (2020). Studi Tentang Pemahaman Terhadap Hakikat Dan Tujuan Perkawinan Katolik Oleh Para Pasangan Dan Dampaknya Terhadap Perwujudan Panca Tugas Gereja Dalam Keluarga. Jurnal Masalah Pastoral, 8(1), 81-106. Retrieved from https://ojs.stkyakobus.ac.id/index.php/JUMPA/article/view/82
Section
Articles

References

Dimyati, Mudjiono, 2009, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.
Groenen, C. 1993. Perkawinan Sakramental, Yogyakarta: Kanisius.
Hadiwardoyo, A. Purwa, 1998. Perkawinan Dalam Tradisi Katolik, Yogyakarta: Kanisius.
Huber, J., 1986, Conunctio, communio, consortium, dalam “Periodica”, LXXV (1986).
Khumas, Asniar, Johana E. Prawitasari, Sofia Retnowati, Rahmat Hidayat, 2015. Model Penjelasan Intensi Cerai Perempuan Muslim di Sulawesi Selatan, Jurnal Psikologi, Vol. 42, No. 3, Desember 2015.
Konferensi Waligereja Indonesia, 2011.Pedoman Pastoral Keluarga, Jakarta: Obor.
_____, 2004, Dokumen Konsili Vatikan II, Jakarta: Obor.
_____, 2006. Kitab Hukum Kanonik (Codex Iuris Canonici). Bogor: Grafika Mardi Yuana.
Konferensi Waligereja Regio Nusa Tenggara, 2007. Katekismus Gereja Katolik, Ende: Nusa Indah.
Miles, M.B., A.M. Huberman, J. Saldana, 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3, USA: Sage Publications.
Paus Yohanes Paulus II, 1981. Anjuran Apostolik Familiaris Consortio (Mengenai Keluarga Kristiani di Dunia Modern), 22 November 1981, Jakarta: Dokpen KWI.
Paus Paulus VI, 1975. Himbauan Apostolik “Evangelii Nuntiandi”, 8 Desember 1975, Jakarta: Dokpen KWI.
Permana, M. Sukma, 2019. Peran orangtua kristiani dalam membangun pendidikan karakter anak, Jurnal Pendidikan Agama Katolik (JPAK), Vol. 19, No. 2, Oktober 2019.
Pompedda, M.F., 2002. Studi di diritto matrimoniale canonico, Milano: Giuffre’ Editore.
Priyanti, Y. Eko, Cornelius T. Tjahja Utama, 2017. Perwujudan Panca Tugas Gereja dalam keidupan sehari-hari keluarga kristiani di Stasi Hati Kudus Yesus Bulak Sumbersari, Jurnal Pendidikan Agama Katolik (JPAK), vol. 18, Tahun ke-9, Oktober 2017, ISSN: 2085-0743.
Prodeita, T.V. 2019. Pemahaman dan Pandangan Tentang Sakramen Perkawinan oleh Pasangan Suami-Istri Katolik, Jurnal Teologi 08.01 (2019): 85 – 106.
Raharso, A. Catur, 2006. Paham Perkawinan Dalam Gereja Katolik, Malang: Dioma.
Santrock, John, W. 2007, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Kencana.
Winkel, W.S, 1987, Psikologi Pengajaran, Jakarta: Gramedia.
Yaumi, M. 2013, Prisip-Prinsip Desain Pembelajaran, Jakarta: Kencana.
Wea, Donatus S. Turu, Berlinda S. Yunarti, 2020. “Studi Pemahaman Umat Katolik Tentang Perkawinan Campur Berdasarkan Kitab Hukum Kanonik 1983 dan Dampaknya Terhadap Dimensi Kehidupan Berkeluarga”, (manuskrip hasil penelitian), Merauke: STK Santo Yakobus.
Wea Donatus, S. Turu, 2018. Memahamai Hukum Perkawinan dalam Gereja Katolik Berdasarkan Kitab Hukum Kanonik 1983 (manuskrip), Merauke: STK Santo Yakobus.