Pengembangan Belajar Mengajar Pendidikan Agama Katolik Yang Kontekstual Di Sekolah Menengah Pertama Swasta Katolik Kevikepan Ende
DOI:
https://doi.org/10.60011/jumpa.v5i1.38Kata Kunci:
Pembelajaran Kontekstual, Pendidikan Agama KatolikAbstrak
Pendidikan agama Katolik menjadi salah satu disiplin ilmu yang wajib
diterima oleh setiap umat beriman Katolik baik dari tingkat Sekolah Dasar
(SD) hingga Perguruan Tinggi (PT). Dalam pencapaian pendidikan yang
sesuai dengan tujuan Sistem Pendidikan Nasional dan juga tujuan
pendidikan iman dalam Gereja Katolik diperlukan pengembangan belajar
mengajar yang kontekstual agar benar-benar menyentuh dengan
kebutuhan manusia dewasa ini baik individu, keluarga, Gereja maupun
tanah air. Pendekatan pendidikan secara kontekstual ini membantu peserta
didik khususnya pendidikan menengah. Karena mereka sangat mudah
dipengaruhi oleh situasi sosial kemasyarakatan yang membuat mereka
terjerumus dalam dunia kegelapan. Sehingga kaum remaja adalah sasaran
utama dalam pembahasan ini. Dengan demikian mereka mampu
mengimani Kritus secara nyata melalui tindakan nyata dalam kehidupan
sehari-hari.
Referensi
Anggota IKPI, Departemen Pendidikan Nasional, Pedoman Umum Ejaan
Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan, edisi ke-3, Bandung: Yrama
Widya, 2014
Awam Katolik, Jakarta: KWI, 2008
Bochori, Pengaruh Pendidikan Bagi Remaja dalam Perspektif Psikologi,
Makalah, Jakarta, 2001.
Deklarasi Tentang Pendidikan Kristen, Jakarta: KWI, 2008
Dimensi Religius Pendidikan di sekolah Katolik, Jakarta: KWI, 2008
Dokumen Konsili Vatikan II, (terj. Rm. R. Hardawiryana, SJ), Jakarta: KWI,
Ismartono, I, SJ, 1993. Kuliah Agama Katolik Di perguruan Tinggi,
Jakarta: Obor,
Jansen P. Dasar-Dasar Pendidikan, Malang: STP IPI, 1991
Kitab Hukum Kanonik, (Codex Iuris Canonici), Edisi Resmi Bahasa
Indonesia, Jakarta: KWI, 1993
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Dinas Pendidikan, 2007
Menyimak Kurikulum Pendidikan Agama Katolik, Jakarta: KWI, 1995
Pendidikan Nilai Pilar-Pilar Utama kehidupan, Ende: Tim Pastoral KAE,
Reba, Alex, Teologi Kontekstual, Modul, Ende: STIPAR, 2009
Sekolah Katolik, Jakarta: KWI, 2008
Sudaryanti, Enny, Contextual Teaching Learning, Makalah, Bandung, 2008.
Sukotjoatmodjo, SJ, Pengembangan Sistem Penyelenggaraan Pendidikan
Agama Katolik, Jakarta: BIMAS Katolik, 1995.
Undang-Undang Dasar 1945 dan P4, 1993. BP-7 Pusat
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2017 Paulinus Tibo
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.