Pengembangan Belajar Mengajar Pendidikan Agama Katolik Yang Kontekstual Di Sekolah Menengah Pertama Swasta Katolik Kevikepan Ende

Penulis

  • Paulinus Tibo STP St. Bonaventura Delitua Medan

DOI:

https://doi.org/10.60011/jumpa.v5i1.38

Kata Kunci:

Pembelajaran Kontekstual, Pendidikan Agama Katolik

Abstrak

Pendidikan agama Katolik menjadi salah satu disiplin ilmu yang wajib
diterima oleh setiap umat beriman Katolik baik dari tingkat Sekolah Dasar
(SD) hingga Perguruan Tinggi (PT). Dalam pencapaian pendidikan yang
sesuai dengan tujuan Sistem Pendidikan Nasional dan juga tujuan
pendidikan iman dalam Gereja Katolik diperlukan pengembangan belajar
mengajar yang kontekstual agar benar-benar menyentuh dengan
kebutuhan manusia dewasa ini baik individu, keluarga, Gereja maupun
tanah air. Pendekatan pendidikan secara kontekstual ini membantu peserta
didik khususnya pendidikan menengah. Karena mereka sangat mudah
dipengaruhi oleh situasi sosial kemasyarakatan yang membuat mereka
terjerumus dalam dunia kegelapan. Sehingga kaum remaja adalah sasaran
utama dalam pembahasan ini. Dengan demikian mereka mampu
mengimani Kritus secara nyata melalui tindakan nyata dalam kehidupan
sehari-hari.

Referensi

Anggota IKPI, Departemen Pendidikan Nasional, Pedoman Umum Ejaan

Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan, edisi ke-3, Bandung: Yrama

Widya, 2014

Awam Katolik, Jakarta: KWI, 2008

Bochori, Pengaruh Pendidikan Bagi Remaja dalam Perspektif Psikologi,

Makalah, Jakarta, 2001.

Deklarasi Tentang Pendidikan Kristen, Jakarta: KWI, 2008

Dimensi Religius Pendidikan di sekolah Katolik, Jakarta: KWI, 2008

Dokumen Konsili Vatikan II, (terj. Rm. R. Hardawiryana, SJ), Jakarta: KWI,

Ismartono, I, SJ, 1993. Kuliah Agama Katolik Di perguruan Tinggi,

Jakarta: Obor,

Jansen P. Dasar-Dasar Pendidikan, Malang: STP IPI, 1991

Kitab Hukum Kanonik, (Codex Iuris Canonici), Edisi Resmi Bahasa

Indonesia, Jakarta: KWI, 1993

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Dinas Pendidikan, 2007

Menyimak Kurikulum Pendidikan Agama Katolik, Jakarta: KWI, 1995

Pendidikan Nilai Pilar-Pilar Utama kehidupan, Ende: Tim Pastoral KAE,

Reba, Alex, Teologi Kontekstual, Modul, Ende: STIPAR, 2009

Sekolah Katolik, Jakarta: KWI, 2008

Sudaryanti, Enny, Contextual Teaching Learning, Makalah, Bandung, 2008.

Sukotjoatmodjo, SJ, Pengembangan Sistem Penyelenggaraan Pendidikan

Agama Katolik, Jakarta: BIMAS Katolik, 1995.

Undang-Undang Dasar 1945 dan P4, 1993. BP-7 Pusat

Unduhan

Diterbitkan

01-04-2017

Cara Mengutip

Tibo, P. (2017). Pengembangan Belajar Mengajar Pendidikan Agama Katolik Yang Kontekstual Di Sekolah Menengah Pertama Swasta Katolik Kevikepan Ende. Jurnal Masalah Pastoral, 5(1), 1–18. https://doi.org/10.60011/jumpa.v5i1.38