Pengaruh Media Pembelajaran dan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa STIPAS Tahasak Danum Pambelum Palangkaraya
DOI:
https://doi.org/10.60011/jumpa.v5i2.47Keywords:
media pembelajaran, kecerdasan interpersonal, hasil belajar, Bahasa InggrisAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari media pembelajaran dan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar Bahasa Inggris Mahasiswa. Penelitian ni adalah penelitian eksperimen dengan desain by level 2 x 2. Pengukuran pencapaian hasil belajar menggunakan bentuk pilihan ganda. Pengukuran tingkat kecerdasan interpersonal mahasiswa menggunakan tes ikecerdasan interpersonal. Hasil penelitian ini adalah : (1) Hasil Belajar Bahasa Inggris mahasiswa yang belajar menggunakan media video lebih tinggi daripada yang menggunakan media gambar diam bersuara, (2). Ada interaksi antara media pembelajaran dan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar Bahasa Inggris, (3). Hasil belajar Bahasa Inggris mahasiswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi yang belajar dengan media video lebih tinggi daripada yang belajar dengan media gambar diam bersuara, (4). Hasil belajar Bahasa Inggris mahasiswa yang memiliki kecerdasan interpersonal rendah yang belajar dengan media gambar diam bersuara lebih tinggi daripada yang belajar dengan media video.
References
Daryanto. Media Pembelajaran. Yogyakarta : Gava media, 2010
Goleman, Daniel. Emotional Intelligence, Kecerdasan Emosional, Mengapa EQ lebih penting dari IQ. Alih Bahasa, T. Hermaya. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 1996
Roblyer, M.D dan Doering, Aaron H. Integrating Educational Technology into Teaching. Fifth Edition. New York: Pearson Education Inc, 2010
Safaria, T. Interpersonal Intelligence. Metode Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak. Yogyakarta, Amara Books. 2005
Yaumi, Muhammad. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: PT. Dian Rakyat. 2012
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2017 Paulina Maria Ekasari Wahyuningrum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.