Pengaruh Media Pembelajaran dan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa STIPAS Tahasak Danum Pambelum Palangkaraya

Authors

  • Paulina Maria Ekasari Wahyuningrum STIPAS Tahasak Danum Pambelum, Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.60011/jumpa.v5i2.47

Keywords:

media pembelajaran, kecerdasan interpersonal, hasil belajar, Bahasa Inggris

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari media pembelajaran dan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar Bahasa Inggris Mahasiswa. Penelitian ni adalah penelitian eksperimen dengan desain by level 2 x 2. Pengukuran pencapaian hasil belajar menggunakan bentuk pilihan ganda. Pengukuran tingkat kecerdasan interpersonal mahasiswa menggunakan tes ikecerdasan interpersonal. Hasil penelitian ini adalah : (1) Hasil Belajar Bahasa Inggris mahasiswa yang belajar menggunakan media video lebih tinggi daripada yang menggunakan media gambar diam bersuara, (2). Ada interaksi antara media pembelajaran dan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar Bahasa Inggris, (3). Hasil belajar Bahasa Inggris mahasiswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi yang belajar dengan media video lebih tinggi daripada yang belajar dengan media gambar diam bersuara, (4). Hasil belajar Bahasa Inggris mahasiswa yang memiliki kecerdasan interpersonal rendah yang belajar dengan media gambar diam bersuara lebih tinggi daripada yang belajar dengan media video.

References

Daryanto. Media Pembelajaran. Yogyakarta : Gava media, 2010

Goleman, Daniel. Emotional Intelligence, Kecerdasan Emosional, Mengapa EQ lebih penting dari IQ. Alih Bahasa, T. Hermaya. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 1996

Roblyer, M.D dan Doering, Aaron H. Integrating Educational Technology into Teaching. Fifth Edition. New York: Pearson Education Inc, 2010

Safaria, T. Interpersonal Intelligence. Metode Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak. Yogyakarta, Amara Books. 2005

Yaumi, Muhammad. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: PT. Dian Rakyat. 2012

Published

02-10-2017

How to Cite

Wahyuningrum, P. M. E. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran dan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa STIPAS Tahasak Danum Pambelum Palangkaraya. Jurnal Masalah Pastoral, 5(2), 32–40. https://doi.org/10.60011/jumpa.v5i2.47