Hubungan Dukungan Sosial Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Baru Angkatan 2021 Di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Rotua Dominika Sinaga STPK St.Yohanes Rasul Jayapura

DOI:

https://doi.org/10.60011/jumpa.v10i1.74

Keywords:

Dukungan Sosial, Motivasi belajar, Mahasiswa Angkatan 2021, Pandemi Covid-19, Mahasiswa Asmat

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat hubungan antara dukungan sosial dengan motivasi belajar mahasiswa baru angkatan 2021 di masa pandemic Covid-19. Metode yang digunakan, yaitu metode kuantitatif dengan hipotesis uji assosiatif atau uji hubungan. Sampel dalam penelitian ini yaitu, 25 mahasiswa baru angkatan 2021 pada Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik St.Yohanes Rasul Jayapura. Data primer yang digunakan yaitu, kuesioner dan data sekunder berupa observasi dan wawancara. Teknik pengolahan data menggunakan uji korelasi Pearson; untuk melihat hubungan antara dukungan sosial dengan motivasi belajar mahasiswa baru angkatan 2021 di masa pandemic Covid-19. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa nilai Sig (2 tailed) antara variabel dukungan sosial dengan motivasi belajar sebesar 0,159˃0,05; yang artinya tidak ada korelasi yang signifikan antara dukungan sosial dengan motivasi belajar mahasiswa baru angkatan 2021 pada masa pandemi Covid-19 di Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik St.Yohanes Rasul Jayapura. Dengan demikian juga tidak ada hubungan antara dukungan sosial dengan motivasi belajar dengan nilai pearson correlations lebih kecil dari r hitung sebesar 0,290 ˂ r tabel 0,396. Dalam penelitian ini tidak ada hubungan antara dukungan sosial dengan motivasi belajar mahasiswa angkatan 2021 pada masa pandemi Covid-19 di Sekolah Tinggi Pastorla Kateketik St.Yohanes Rasul Jayapura. Penelitian ini menemukan bahwa sumbangan variabel dukungan sosial (X) terhadap variabel motivasi belajar (Y) tergolong rendah yaitu sebesar 8,4 %. Variabel lain, selain variabel dukungan sosial masih terdapat 91,6 % yang belum diteliti.

References

A.M, Sardiman (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo

Amseke, F. V., Daik, M. A., & Liu, D. A. L. (2021). DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA, KONSEP DIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID 19.

Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v5i1.9957.2021

Firman. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Bioma.

Hati, I. P. P., Rusmini, H., & Sandayanti, V. (2021). HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DAN NON SOSIAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA PESERTA UKMPPD. Jurnal Psikologi Malahayati. https://doi.org/10.33024/jpm.v3i1.2619

Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324

Rasyid, H. Al, & Chusairi, A. (2021). Hubungan antara Dukungan Sosial dan Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Universitas Airlangga. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM). https://doi.org/10.20473/brpkm.v1i2.28617

Rosa, N. N. (2020). HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DARING MAHASISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19. TANJAK: Journal of Education and Teaching. https://doi.org/10.35961/tanjak.v1i2.146

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265

Suciani, D., & Asmi Rozali, Y. (2014). Hubungan Dukungan Sosial Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Universitas Esa Unggul. Hubungan Dukungan Sosial Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Universitas Esa Unggul Jurnal Psikologi.

Talwar, P., & Mohd Fadzil, A. R. (2013). Perceived social support among university students in Malaysia: A reliability study. Malaysian Journal of Psychiatry.

Zimet, G. D., Dahlem, N. W., Zimet, S. G., & Farley, G. K. (1988). The Multidimensional Scale of Perceived Social Support. Journal of Personality Assessment. https://doi.org/10.1207/s15327752jpa5201_2

Zulkarnain, M., Sari, E. Y. D., & Purwadi, P. (2019). Peranan dukungan sosial dan self esteem dalam meningkatkan motivasi belajar. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan.

Published

01-04-2022

How to Cite

Sinaga, R. D. (2022). Hubungan Dukungan Sosial Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Baru Angkatan 2021 Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Masalah Pastoral, 10(1), 27–45. https://doi.org/10.60011/jumpa.v10i1.74