Relevansi Kurikulum Mata Kuliah Pendidikan Agama Katolik Dalam Mengembangkan Karakter Mahasiswa

Penulis

  • Agustinus Tanggu Daga STKIP Weetebula

DOI:

https://doi.org/10.60011/jumpa.v7i1.87

Kata Kunci:

Model CIPP, Pendidikan Agama Katolik, Pengembangan Karakter

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan relevansi kurikulum pendidikan agama katolik dalam mengembangkan karakter mahasiswa PGSD STKIP Weetebula Sumba. Penelitian ini dilakukan berdasarkan model evaluasi CIPP (context, input, process, product) dengan metode studi kasus. Aspek konteks meliputi visi, misi, tujuan, manfaat, mahasiswa, dosen, dukungan sarana, tujuan pendidikan agama katolik. Aspek masukan meliputi kompetensi dasar pendidikan agama katolik, aspek-aspek kompetensi pendidikan agama katolik, satuan acara perkuliahan, sarana pembelajaran, materi pembelajaran, karakter dalam materi pembelajaran. Aspek proses meliputi tahap kegiatan mengajar, keterampilan dasar mengajar, proses komunikasi dan interaksi dosen, pola komunikasi, aktvitas dan peran peran dosen dalam pembelajaran, pemanfaatan alat/bahan/media/sumber pembelajaran, metode atau strategi pembelajaran, karakter mahasiswa dalam proses pembelajaran. Aspek hasil meliputi pencapaian dan pengukuran hasil kurikulum, kesesuaian hasil kurikulum, karakter dalam hasil kurikulum. Hasil penelitian memperlihatkan: (1) Konteks kurikulum mata kuliah pendidikan agama katolik relevan dalam mengembangkan karakter mahasiswa PGSD. Namun dosen mata kuliah Pendidikan Agama Katolik tidak relevan karena kualifikasi pendidikan masih Sarjana atau S-l. (2) Input atau masukan kurikulum mata kuliah Pendidikan Agama Katolik relevan dalam mengembangkan karakter mahasiswa PGSD. (3) Proses kurikulum mata kuliah Pendidikan Agama Katolik relevan dalam mengembangkan karakter mahasiswa PGSD. Namun pemanfaatan alat, bahan, media, sumber belajar belum maksimal. (4) Hasil kurikulum mata kuliah Pendidikan Agama Katolik relevan dalam mengembangkan karakter mahasiswa PGSD.

Referensi

Abourjilie, C, at.al. 2006. Character Education Informational: Handbook & Guide II. North Carolina: Education Department of Public Instruction Middle Grades Division.

Adisusanto, F.X. 2011. Kurikulum Pendidikan Agama Katolik di Perguruan Tinggi. Jakarta: Komisi Kateketik Konferensi Wali Gereja Indonesia.

Benediktus. 2005. Deus Caritas Est, Allah Adalah Kasih. Terjemahan Piet Go. Jakarta: Departemen Dokumentasi dan Penerangan Konferensi Wali Gereja Indonesia.

Farida, Ida. 2012. Model Pendidikan Karakter Di Perguruan Tinggi: Langkah Strategis dan Implementasinya di Universitas. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik dan Pembangunan. 3 (1), hlm. 445 – 452.

Fathurrohman, Suryana, Fatriany. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Fitriyah, Ida. (2010). Perilaku Sosiopatik Di Kalangan Mahasiswa Muslim (Skripsi). Yogyakarta: Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Hasan, S. Hamid. 2008. Evaluasi Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Koesoema, Doni A. 2012. Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Yogyakarta: Kanisius.

Lickona, Thomas. 2013. Educating For Character, Mendidik Untuk Membentuk Karakter. Terjemahan Wamaungo, J.B. Jakarta: Bumi Aksara.

Lickona, Thomas. 2014. Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Cetakan II. Terjemahan S. Lita. Bandung: Nusa Media.

Lickona, Thomas. 2015. Character Master, Persoalan Karakter. Terjemahan Wamaungo, J.B. & Zien, J.A.R. Cetakan Ketiga. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurwardani, Paristiyanti. 2016. Pendidikan Agama Katolik untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Samani dan Hariyanto. 2013. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Cetakan Ketiga. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudayat. 2015. Evaluasi Kurikulum Terpadu Dalam Mengembangkan Karakter Peserta Didik (Disertasi). Bandung: Program Studi Pengembangan Kurikulum Sekolah Pasca Sarjana Universitas Indonesia.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparno, Paul. 2015. Pendidikan Karakter Di Sekolah, Sebuah Pengantar Umum. Yogyakarta: Kanisius.

Undang - Undang nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tingggi.

Wahyuningsih, Sri. 2013. Metode Penelitian Studi Kasus: Konsep, Teori Pendekatan Psikologi Komunikasi, dan Contoh Penelitiannya. Madura: Universitas Trunojoyo Madura Press.

Unduhan

Diterbitkan

01-04-2019

Cara Mengutip

Daga, A. T. (2019). Relevansi Kurikulum Mata Kuliah Pendidikan Agama Katolik Dalam Mengembangkan Karakter Mahasiswa. Jurnal Masalah Pastoral, 7(1), 36–46. https://doi.org/10.60011/jumpa.v7i1.87