Studi Tentang Pengaruh Gaya Hidup Konsumerisme Terhadap Praktek Askese Di Lingkungan Santo Athanasius Paroki Santo Yosep Bambu Pemali
DOI:
https://doi.org/10.60011/jumpa.v8i1.100Kata Kunci:
gaya hidup konsumerisme, askese, umat lingkungan Santo AthanasiusAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah gaya hidup konsumerisme memengaruhi kehidupan umat beriman kristiani khususnya di lingkungan Santo Athanasius Paroki Santo Yosep Bampel. Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah umat Stasi Santo Athanasius yang berjumlah 46 Kepala Keluarga yang memiliki tempat tinggal yang tetap. Selanjutnya peneliti mengambil 23 orang sebagai keterwakilan dari keseluruhan anggota lingkungan Santo Athanasius. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara berhadap-hadapan (face to face interview) dan wawancara melalui telepon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pertama, gaya hidup konsumerisme terhadap konsumsi makanan, sebanyak 82,51% responden jarang makan di luar rumah. Kedua, frekuensi berbelanja untuk kebutuhan pakaian masih rendah, 86,94%. Ketiga, konsumsi dalam kaitan dengan liburan yaitu pilihan untuk tidak berlibur ke luar kota, 56,52%. Keempat dalam kaitan dengan kredit mencapai angka persentase yang cukup tinggi yaitu 65,21% terutama untuk keperluan mendasar. Kelima dalam kaitan dengan pelaksanaan puasa dan pantang mencapai angka persentase yang tinggi yaitu 100% sedangkan frekuensi pelaksanaan praktek puasa dan pantang yaitu hanya pada hari raya sebanyak 91,29%. Dengan demikian dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh gaya hidup konsumerisme belum signifikan memengaruhi kehidupan keluarga umat beriman kristiani dan juga dalam kaitan dengan praktek keagamaan yaitu puasa dan pantang.
Referensi
Dokumen Konsili Vatikan II, diterjemahkan R. Hardawiryana SJ, Jakarta: Dep. Dokpen, KWI 2013
Yohanes Paulus II, Sollicitudo Rei Socialis (30 Desember 1987), art. 16 (terj. R. Hardawiryana SJ), Jakarta: Dep. Dokpen KWI, 2011
Yohanes Paulus II, Centesimus Annus (1 Mei 1991) art. 36 (terj. R. Hardawiryana SJ, Jakarta: Dep. Dokpen KWI, 1992)
Baurdrillard, Jean. The Consumer Society: Myths and Structures. London: Sage Publication 6 Bonhill Street, 1998
Bertens, K. Pengantar Etika Bisnis, Yogyakarta: Kanisius, 2013
Chang, William. Moral Spesial. Yogyakarta: Kanisius, 2015
Dunn, Robert G. Identifying Consumption: Subjects and Objects in Consumer Society [E-Book]. Philadelphia: Temple University Press, 2008
Dawson Catherine. Metode Penelitian Praktis: Sebuah Panduan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010
Danan, Petrus W dan R. D. Victorius R. Hartono. Pengajaran Iman Katolik. Yogyakarta: Kanisius, 2017
Hadiwardoyo, Al. Purwa. Masalah Sosial Aktual: Sikap Gereja Katolik. Yogyakarta: Kanisius, 2006
Haryatmoko, Dominasi penuh Muslihat: Akar Kekerasan dan Diskriminasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2010
Lacoste, Jean-Yves (edit.). Christian Theology. New York: Routledge, 2005
Mantra Ida Bagoes. Filsafat Penelitian dan Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008
O’Collins, Gerald dan Edward G. Farrugia. Kamus Teologi. Yogyakarta: Kanisius, 1996
Parsons, Talcott. Max Weber: The Protestant Ethic and the Spirit of Capitalism. London: Routledge, 1992
Ramadhani, Deshi. Lihatlah Tubuhku: Membebaskan Seks bersama Yohanes Paulus II. Yogyakarta: Kanisius, 2009
Ratna, Nyoman Kutha. Metodologi Penelitian: Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010
Suseno, Magnis Franz. Pemikiran Karl Marx: dari Sosialisme Utopis ke Perselisihan Revisionisme. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2003
Smart, Barry. Consumer Society: critical issues and Environmental Consequences. London: Sage Publication Ltd 1, 2010
Soedjatmiko, Haryanto. Saya Berbelanja, maka Saya Ada. Yogyakarta: Jalasutra, 2008
Wahyunto (Penterj.). Masyarakat Konsumsi. Yogyakarta: Kreasi Wacana, 2013
Zulfa, Elizabeth Misbah (Penterj.). Posmodernisme dan Budaya Konsumen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008
Al Atapunang, “Selibat dan Ingkar Diri: Dialektika Rahmat dan Kodrat” dalam Rohani no.4 April 1995, 165
Elizabeth C. Hirchman, The Ideology of Consumption: A Structural-Syntactical Analysis of "Dallas" and "Dynasty" dalam Chicago Journal (Journal of Consumer Research Vol. 15, No. 3 December 1998: The University of Chicago Press
Krispurwana Cahyadi, “Melepaskan Diri dari Pengaruh Rasa Lekat tak Teratur” dalam Rohani No. 4 April 1995
Scott J. Vitell, Joseph G. P. Paolillo and Jatinder J. Singh, Religiosity and Consumer Ethics dalam Journal of Business Ethics, Vol. 57, No. 2 (Mar., 2005), hal. 175
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Yan Yusuf Subu, Jonglis Matares Salang, Natalia Kipman
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.