Rendahnya Konsep Diri Akademik Dan Motivasi Akademik Siswa Smp Di Kabupaten Merauke

Penulis

  • Resmin Manik STK St. Yakobus Merauke

DOI:

https://doi.org/10.60011/jumpa.v4i2.28

Kata Kunci:

Rendahnya Konsep Diri Akademik, Motivasi Akademik

Abstrak

Pendidikan berperan penting dalam menentukan kualitas hidup sesorang. Dengan kata lain, baik tidaknya kualitas hidup seseorang sangat dipengaruhi oleh seberapa baik ia memperoleh pendidikan. Fakta membuktikan bahwa semakin tinggi pendidikan seseorang, semakin besar peluang baginya untuk meraih kesuksesan atau keberhasilan. Sebaliknya, semakin rendah pendidikan seseorang, semakin kecil peluang baginya untuk meraih kesuksesan. Hal ini membuktikan bahwa, pendidikan merupakan kunci penentu keberhasilan hidup seseorang.

Penyelenggaraan pendidikan di Indonesia yang selama ini dilaksanakanpun belum dapat dikatakan maksimal, sebab fakta turut memperlihatkan bahwa kualitas sumber daya manusia Indonesia di wilayah Timur khususnya di Provinsi papua belum masih kalah jauh dibandingkan dengan kualitas sumber daya manusia yang ada di wilayah lain di Indonesia. Rendahnya kualitas sumber daya manusia di Provinsi Papua tidak terlepas dari belum maksimalnya penyelenggaraan pendidikan di Provinisi ini. Berdasarkan pengalaman peneliti selama bekerja di Papua khususnya di Kabupaten Merauke ditemukan fenomena yang menunjukan bahwa para siswa kurang bersemangat dalam belajar, belum dapat membaca secara lancar, tidak membawa buku pelajaran, bahkan didapati bahwa ada siswa yang setelah pulang dari sekolah mereka harus mencari uang dengan cara menjaga tempat parkir hingga malam hari, memanjat kelapa dan dan juga memancing ikan. Kondisi ini semakin diperparah dengan adanya temuan fakta lain yang menunjukan bahwa guru sering menghukum siswa dengan membentak dan memukul siswa, memberikan PR berlebihan terhadap siswa, guru sering terlambat ke sekolah, guru sering tidak membawa bahan ajar ke dalam kelas saat mengajar, dan perpustakaan sekolah sering tutup sehingga tidak dapat dikunjungi siswa. Sederet fakta di atas tentu sangat mempengaruhi kualitas motivasi belajar para siswa. Pemberian hukuman oleh guru akan semakin menenggelamkan motivasi belajar siswa serta semakin membentuk konsep diri akademik negatif dalam diri ssiswa untuk belajar. Terbentuknya konsep diri akademik para siswa telah turut dipengaruhi oleh rendahnya pendidikan orang tua para siswa yang mengakibatkan tidak adanya kepedulian untuk mendorong dan menyemangati putera-putrinya dalam mengenyam pendidikan.

Referensi

Guay, T. dkk. 2010. Academic self-concept, autonomous academic motivation, and academic achievement: Mediating and additive effects. (Online), (www.elsevier.com/locate/lindif Vol 20. Hlm 644-653), diakses 07 April 2015.

Ferla, J; Valcke, M; Cai, Y. 2009. Academic self-efficacy and academic self-concept: Vol: 19 . Hlm 499–505.

Ghazvini. S. D. 2011. Relationships between academic self-concept and academic performance in high school studens. Procedia: Social and Behavioral Sciences. Vol (15). 1034-1039.

Matovu, M. 2014. A Structural Equation Modelling of the Academic Self-Concept Scale. International Electronic Journal of Elementary Education. Vol.6, No 2. Hlm 185-198.

Mercer, S. 2011. Towards an Understanding of Language Learner Self-Concept. Springer Dordrecht Heidelberg London New York

Nenobais. 2012. Membangun Optimisme di Tanah Papua: Belajar dari Praktik Baik Pelayanan Publik. Makalah disampaikan Dies Natalis ke-57 Fisipol UGM. Yogyakarta, Selasa 27 November.

. Prayitno, D. 2008. Partisipasi Masyarakat Dalam Implementasi Kebijakan Pemerinta ( Studi Kasus Pelaksanaan Program Wajib Belajar Sembilan Tahun Di Distrik Semangga, Kabupaten Merauke ). Disertasi tidak diterbitkan. Semarang: Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Ramli. M. 2002. Unjuk Kerja Dosen Dalam Pembelajaran Matakuliah Pembaharuan Pemikiran Modern di Dunia Islam (Studi Kasus Pada Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Banjarmasin). Tesis tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Rusman. 2011. Model-model pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press

Sanchez .F. J. dan Roda. M. D. S. D. Relationships betweent self concept and academic achievement in primary students. Electronic Journal of Research in Educational Psychology and Psychopedagogy. Vol (1) . 95-120.

Zahra, T. A. 2010. Relationship Of Academic, Physical And Social Self-Concepts Of Students With Their Academic Achievement. Vol: 3 (3). Hlm 73-78.

Sugihartono. dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Unduhan

Diterbitkan

02-10-2016

Cara Mengutip

Manik, R. (2016). Rendahnya Konsep Diri Akademik Dan Motivasi Akademik Siswa Smp Di Kabupaten Merauke. Jurnal Masalah Pastoral, 4(2), 37–48. https://doi.org/10.60011/jumpa.v4i2.28