Implementasi Gaya Kepemimpinan dan Spiritualitas Biarawati Di SMP YPPK Santo Mikael Merauke

Penulis

  • Paulina Wula STK St. Yakobus Merauke

DOI:

https://doi.org/10.60011/jumpa.v7i1.89

Kata Kunci:

Kepemimpinan, biarawati, spiritualitas, pelayan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: gaya kepemimpinan dan spritualitas Kepala Sekolah Biarawati SMP St. Mikael di Kabupaten Merauke, faktor-faktor yang menjiwai kepemimpinan Kepala Sekolah Biarawati dan upaya-upaya yang dilakukan untuk mengembangkan kepemimpinan spritualitas kepala sekolah biarawati. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini analisis data kualitatif, dengan desain studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik Sampling Purposive dan Snowball Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan 3 cara: 1) teknik wawancara mendalam, 2) observasi, 3) studi dokumentasi. Ketiganya berjalan bersama sehingga saling memperkaya data penelitian. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan model analisis data Miles Huberman (Sugiyono, 2014). Hasil Penelitian menunjukan bahwa: 1) Gaya kepemimpinan kepala sekolah biarawati mengikuti gaya kepemimpinan Kristus sebagai Pelayan 2). Spiritualitasnya adalah spiritualitas Vinsensius yang lebih mengedepankan pelayanan terhadap orang miskin. 3) Faktor-faktor yang menjiwai adalah ketaatan, percaya akan penyelengaraan ilahi, kepercayaan yang diberikan oleh pemimpin, keterbukaan untuk menjalin kerja sama, memiliki kompetensi sesuai dengan bidang profesi. 4) Upaya yang dilakukan untuk mengembangkan kepemimpinan spiritualitas biarawati dengan menjalin relasi personal dengan Kristus.

Referensi

Ali Iftikhar Choudhary, Syed Azeem Akhtar, Arshad Zaheer. 2012. Impact of Transformation and Servant Leadership on Organizational Performance: A Comparative Analysis.

Bass, B. M., & Avolio, B. J. (1990). Developing transformational leadership: 1992 and beyond. Journal of European Industrial Training, 14, 21-27

Banawiratma. 1990. Spiritualitas Transformatif: Suatu Pergumulan Ekumenis.

Blanchard, K. & Hodges, P. 2005. Lead Like Jesus, Belajar dari gaya Kepemimpinan Paling Dasyat Sepanjang Zaman. Terjemahan Dionesius Pare,2006. Jakarta: Visimedia.

Chin-Yi Chen, Chun-His Vivian Chen-Chun-1 Li, 2011. The Influence of Leader Spiritual Values of Servant Leadership on Employee Motivational Autonomy and Eudaemonic Wll-Being

Darminta, J.2003. Menerangi Kedangkalan Hidup: Misi Hidup Religius Zaman Sekarang. Dalam A. Sudiarja dan Bagus Laksana (Eds) Berenang di Arus Zaman, Tantangan Hidup Religius Di Indonesia Masa Kini, Yogyakarta: Kanisius.

_________, 1994. Perempuan di hadapan hidup dan Allah: Yogyakarta: Kanisius.

Dokumentasi dan Penerangan KWI. 2004. Dokumen Konsili Vatikan II, (terj. R. Hardawiryana), Jakarta: Obor.

D, Souza, A. 2007. Proactive Visionary Leadership (Lilis Setyayanti, Ed.)

_________ 2009. Ennoble, Enaable, Empower. Kepemimpinan Kristus Sang Almasih, Jakarta: Gramedia.

Danin, S. 2010. Kepemimpinan Pendidikan: Kepemimpinan Jenius (IQ + EQ, Etika, Perilaku Motivasional, dan Mitos, Bandung: Alfabeta.

Dirk Van Dierendonck, Kathleen Patterson (2014) Compassionate Love as a Corner Stone of Servant Leadership An Integration of Previous Theoruzing And Gunawan, Y. 2014. Kepemimpinan Kristiani Melayani Sepenuh Hati. Yogyakarta: Kanisius.

Heryatno, W. 2008. Pendidikan Agama Katolik Di Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Sanata Dharma.

Konfrensi Waligereja Indonesia. 2008. Dimensi Religius Pendidikan di Sekolah Katolik. Jakarta.Konfrensi Waligereja Indonesia.

Konstitusi,2003. Konggregasi suster kasih Kristus dan Maria Bunda Pertolongan Baik. Pematangsiantar.

Leteng, H,2003. Spiritualitas Imamat Motor Kehidupan Iman. Maumere: Ledalero

Makawimbang, H, Jerry. 2012. Kepemimpinan Pendidikan yang bermutu. Bandung: Alfabeta.

Martasujita, 2004. Kepemimpinan Transformatif. Yogyakarta: Kanisius

Moeloeng, L. J. 1994. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja

Muliawan, U, Jasa.2014. Metodologi Penelitian Pendidikan.Yogyakarta: Gava Media

Rost. C Joseph. 1993. Leardership Twenty First Century. Printed in the United states of America.

Statuta. 2003. Konggregasi suster kasih Kristus dan Maria Bunda Pertolongan Baik. Pematangsiantar.

Soenarja, A. 1984. Kepemimpinan Biara dari Hari ke Hari. Yogyakarta: Kanisius

Sugiyono, 2012. Metodologi Penelitian. Bandung: Alfabeta.

_______,2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Usman, H, 2008. Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Widodo, A, Sapto. 2008. Temu Kaum Muda Vinsensius: Malang

Unduhan

Diterbitkan

01-04-2019

Cara Mengutip

Wula, P. (2019). Implementasi Gaya Kepemimpinan dan Spiritualitas Biarawati Di SMP YPPK Santo Mikael Merauke. Jurnal Masalah Pastoral, 7(1), 57–74. https://doi.org/10.60011/jumpa.v7i1.89