DIGITALISASI DALAM KEGIATAN KATEKESE SEBUAH STUDI LITERATURE REVIEW
DOI:
https://doi.org/10.60011/jumpa.v13i2.171Kata Kunci:
Digitalisasi, Katekese, Kekurangan, Kelebihan, Systematic Literature ReviewAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menyintesis literatur yang ada mengenai kekurangan dan kelebihan digitalisasi dalam katekese. Data dikumpulkan dari artikel jurnal yang relevan yang dipublikasikan dalam lima tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun digitalisasi dalam kegiatan katekese menawarkan banyak kelebihan tetapi juga memiliki kekurangan yang sangat urgen seperti minimnya pengetahuan umat dalam memanfaatkan dan mengoperasikan media digital untuk kegiatan katekese, kurangnya infrastruktur pendukung, kurangnya minat umat terhadap konten yang bernuansa rohani, sebagian umat memanfaatkan media digital untuk menyampaikan informasi pertemuan tertentu, dan sebagian umat juga mengikuti katekese online secara pasif. Untuk itu, penelitian ini memberikan rekomendasi kepada Gereja, para katekis dan umat untuk mengatasi tantangan ini guna meningkatkan efektivitas digitalisasi dalam katekese.
Referensi
Alifah, Hasna Nur, et. al., (2023). Systematic Literature Review: Pengaruh Media Pembelajaran Digital pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa SD, Jurnal Ilmiah dan Karya Mahasiswa, Volume, 1, No. 3, 103–115.
Angga, S., & Firmanto, A. D. (2023). Digital Ecclesia sebagai Gereja Sinodal yang Mendengarkan, Dunamis: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani, Volume 8, No. 1, 170-183.
Banjarnahor, Chechilia A. & Intansakti Pius X. (2024). Peran Katekis dalam Tantangan Karya Katekese Digital, Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik, Volume, 4, No. 2, 201-213.
Bato, Patrisia Rera & Emmeria Tarihoran, (2024). Pembentukan Karakter melalui Katekese Digital: Perspektif Pendidikan Nilai Kristiani, Jurnal Magistra, Volume, 2, No. 2, 101–109.
Dadi, K. K. (2019). Kahoot Sebagai Media Pendukung dalam Berkatese dengan Berbasis Teknologi Digital, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, Volume, 11, No. 2, 214-230.
Derung, T. N. (2021). Media Sosial sebagai Sarana Katakese Mahasiswa di Malang, Jawa Timur, KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, Volume, 7, No. 1, 63-89.
Doa, Floriana & Emmeria Tarihoran. (2024). Kreativitas dalam Penyampaian Katekese Digital untuk Membangun Pengalaman Berarti, Jurnal Teologi Injili dan Pendidikan Agama, Volume, 2, No. 2, 52–60.
Flayembun, C., Datu, J. F., & Goa, L. (2023). Penguatan Iman Anak Biak melalui Media Audio Visual Paroki Ratu Pecinta Damai Surabaya, In Theos: Jurnal Pendidikan dan Theologi, Volume, 2, No. 1, 8–13.
Habur, A. M. (2018). Katekese keluarga di Era digital, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, Volume, 10, No. 1, 39-47.
Harefa, E. (2023). Katekase Online sebagai Pendidikan Iman di Paroki Santa Maria BPB Gunungsitoli Nias, Dharmas Education Journal (DE_Journal), Volume, 4, No. 3, 70–76.
Ikanubun, N. T. W., & Wea, D. (2022). Tiktok sebagai Media Alternatif dan Relevan dalam Katekese Sekolah di SMP Santo Mikhael Merauke, Sapa: Jurnal Kateketik dan Pastoral, Volume, 7, No. 2, 101-113.
Irpan, Dominikus, et. al., (2022). Katekese Digital Keuskupan Agung Pontianak di tengah Pandemi Covid-19, Borneo Review, Volume, 1, No. 1, 56-72.
Jawan, Fransiska Masandai & Emmeria Tarihoran. (2024). Strategi Penggunaan Video Pembelajaran dalam Konteks Katekese Digital, Lumen: Jurnal Pendidikan Agama Katekese dan Pastoral, Volume, 3, No. 1, 133–142.
Keron, H., & Tarihoran, E. (2024). Peran Katekese Digital sebagai Media Pengembangan Iman Kaum Muda Kristiani Masa Kini, In Theos : Jurnal Pendidikan dan Theologi, Volume, 4, No. 5, 175–181.
Komisi Kateketik KWI. (2015). Hidup di Era Digital, Yogyakarta: Kanisius.
Lelangwayan, Petriana Dae & Emmeria Tarihoran. (2024). Penggunaan Media Visual dalam Katekese Digital: Meningkatkan Daya Serap Informasi, Jurnal Teologi Injili dan Pendidikan Agama, Volume, 2, No. 3, 184-191.
Maharani, Skolastika Dinda Ayu & Emmeria Tarihoran. (2024). Platform Tiktok sebagai Sarana Ketekese yang Tepat bagi Kaum Generasi Z, Jurnal Pendidikan Agama dan Teologi, Volume, 2, No. 2, 37–44.
Muda, Maria Pulo. (2022). Media Sosial sebagai Sarana Pewartaan di Era Digital di Kalangan Orang Muda Paroki Weri, JAPB: Jurnal Agama, Pendidikan dan Budaya, Volume, 3, No. 1, 170-178.
Pradipta, G. D. A., & Tedjoworo, H. (2022). Spiritualitas Pelayanan dan Pewartaan di Dunia Digital oleh Kaum Religius dan Rohaniwan, Melintas, Volume, 38, No. 2, 230-253.
Rahayu, Agnes Dwi & Intansakti Pius X. (2023). Transformasi Media Digital dalam Katekese Kontekstual: Studi Kasus terhadap Pengelolaan Pelayanan Gereja-Gereja Kontemporer, Jurnal Magistra, Volume 1, No. 4, 19–26.
Sainyakit, A, et. al., (2023). Digitalisasi dalam Kegiatan Katekese oleh Para Katekis pada Paroki Santo Yohanes Maria Vianney Halong, Ambon, Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), Volume, 5, No. 1, 4517–4630.
Sainyakit, Andreas, et. al., (2023). Digitalisasi dalam Kegiatan Katekese oleh Para Katekis pada Paroki Santo Yohanes Maria Vianney Halong, Ambon, Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), Volume, 5, No. 1, 4517–4630.
Saputra, I. N. (2022). IPTEK sebagai Sarana Berkatekese dalam Pembinaan Iman Siswa/I Khususnya di Masa Pandemi Covid-19, In Theos: Jurnal Pendidikan dan Theologi, Volume, 2, No. 4, 117–124.
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia, Indonesian Journal of Information Systems, Volume, 1, No. 2, 63–77.
Ukat, K. (2019). Media Audio Visual sebagai Sarana Katekese OMK di Paroki Santo Petrus Kanisius Manufui, In Veritate Lux: Jurnal Ilmu Kateketik Pastoral Teologi, Pendidika, Antropologi, dan Budaya, Volume, 2, No. 2, 70–74.
Woga, Elisabeth Yecilda & Emmeria Tarihoran. (2024). Penggunaan Media Audiovisual dalam Pengajaran Katekase, Tri Tunggal: Jurnal Pendidikan Kristen dan Katolik, Volume, 2, No. 3, 70–78.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 stefanus muda, Florianus Pruda Muda

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.







