Pemanfaatan Bahasa Daerah Sebagai Mediator Dalam Pembelajaran Agama Katolik Bagi Siswa SD YPPK Santo Samuel Mokbiran Kabupaten Boven Digoel Papua Selatan

Penulis

  • Berlinda S. Yunarti Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobus Merauke
  • Elisabeth Kanyek Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobus Merauke

DOI:

https://doi.org/10.60011/jumpa.v12i2.186

Kata Kunci:

Bahasa daerah, Bahasa pengantar, Dwibahasa, Pembelajaran agama Katolik

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan bahasa daerah sebagai mediator dalam pembelajaran Agama Katolik bagi siswa SD YPPK St. Samuel Mokbiran di Kabupaten Boven Digoel, Provinsi Papua Selatan. Latar belakang penelitian ini adalah keterbatasan penguasaan bahasa Indonesia oleh siswa yang lebih fasih berbahasa daerah Muyu Kawiyet. Metode penelitian kualitatif digunakan dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahasa daerah dalam proses pembelajaran membantu siswa memahami materi agama lebih baik, terutama doa-doa pokok agama Katolik. Namun, kendala ini juga menghambat penguasaan bahasa Indonesia yang berdampak pada perkembangan akademik secara keseluruhan. Penelitian ini menyarankan peningkatan penggunaan pendekatan bilingual dan penyediaan fasilitas belajar yang lebih memadai untuk mengatasi masalah ini.

Referensi

Budiningsih, C. Asri. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. (2017). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Bumi Aksara.

Haru, E. (2020). Spiritualitas Diakonia Guru Pendidikan Agama Katolik (Sebuah Refleksi atas Panggilan Guru PAK di Tahun Diakonia). Jurnal Alternatif Wacana Ilmiah Interkultural, 9(1), 55–74. https://doi.org/10.60130/ja.v9i1.10

Kotan Daniel B, & Kasmudi Marianus D. 2017, Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti SD Kelas IV, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Lokakarya Malino. 1981. Pola Pelajaran Agama Katolik. Jakarta: PWI

Mahadi, U. (2021). Komunikasi Pendidikan (Urgensi Komunikasi Efektif dalam Proses Pembelajaran). JOPPAS: Journal of Public Policy and Administration Silampari, 2(2), 80–90. https://doi.org/10.31539/joppa.v2i2.2385

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8

Martinus, M., & Amadi, A. (2021). Dampak Pendidikan Agama Katolik Terhadap Perilaku Siswa di Sekolah Negeri di Kota Pontianak. Vocat: Jurnal Pendidikan Katolik, 1(1), 37–43. https://doi.org/10.52075/vctjpk.v1i1.15

Mustom, S. (2018). PENGGUNAAN BAHASA DAERAH SEBAGAI BAHASA PENGANTAR DI KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR DI KOTA PALANGKA RAYA (The Use of Local language as an Instructional Language in Elementary Schools’s Early Grades in Palangka Raya). 129–136.

Oktavia, I. (2018). Hakikat Bahasa Sebagai Alat Kontrol Sosial. Aspek Sosiologi Sastra Dalam Novel Menggapai Matahari Karya Dermawan Wibisono, 1–9. https://repository.unja.ac.id/6451/1/intan oktavia-A1D118087-R001.pdf

Peraturan Presiden Republik Indonesia. (2019). Peraturan Presiden No. 63 tahun 2019 tentang Penggunaan Bahasa Indonesia. Sekretariat Negara

Purwadarminta, W. J. S. (2003). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Balai Pustaka

Putri, F. N. (2020). Pendidikan Karakter Siswa Melalui Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(1), 16. https://doi.org/10.30659/j.8.1.16-24

Raco, J. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik, Dan Keunggulannya. Dalam Creswell, Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik, Dan Keunggulannya (hal. 49). Jakarta: Grasindo.

Sili, F. (2021). Penerapan Model STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Katolik Siswa SMK Negeri 5 Manado. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(1), 132–144. https://doi.org/10.31932/ve.v12i1.1058

Sugiyono, 2019. Metode Kuantitatif, Kualitatid, R&D. Bandung alfabeta

Sukoco, G. A., Zulfa, A. H., & Arsendy, S. (2020). Riset : penggunaan bahasa daerah di kelas terbukti berpotensi tingkatkan kemampuan siswa di daerah. In The Conversation.com (Issue 63, pp. 2–5). https://theconversation.com/riset-penggunaan-bahasa-daerah-di-kelas-terbukti-berpotensi- tingkatkan-kemampuan-siswa-di-daerah-148531

Susanto Ahmad, 2014, Perkembangan Anak Usia Dini : Pengantar dalam berbagai aspeknya, Kencana Prenadamedia Group, Jakarta

Unduhan

Diterbitkan

16-10-2024

Cara Mengutip

Yunarti, B. S., & Kanyek, E. (2024). Pemanfaatan Bahasa Daerah Sebagai Mediator Dalam Pembelajaran Agama Katolik Bagi Siswa SD YPPK Santo Samuel Mokbiran Kabupaten Boven Digoel Papua Selatan. Jurnal Masalah Pastoral, 12(2), 37–48. https://doi.org/10.60011/jumpa.v12i2.186