RELEVANSI EVANGELIUM GAUDIUM DALAM PELAYANAN PASTORAL SEKOLAH KATOLIK: REFLEKSI TENTANG PERAN SEKOLAH DALAM MEWARTAKAN INJIL
DOI:
https://doi.org/10.60011/jumpa.v13i2.217Kata Kunci:
Pendidikan Katolik, Evangelium Gaudium, Pastoral SekolahAbstrak
Pastoral sekolah menjadi bagian penting dalam pendidikan Katolik guna meningkatkan pengembangan iman anak secara dewasa dan mampu mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, masih ditemukan persoalan yang terjadi dalam pelaksanaan pastoral sekolah dalam mewartakan Injil dalam setiap institusi sekolah-sekolah. Tujuan penelitian ini adalah Kaitan Evangelium Gaudium Dengan Pastoral Sekolah Katolik: Refleksi Tentang Peran Sekolah Dalam Mewartakan Injil. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Hasil yang ditemukan yakni; Pertama, Relasi EG-Sekolah Simbiosis; EG sebagai landasan teologis, sekolah sebagai lapangan operasional; Kedua, Problem Kunci; Elitisme akademis, fragmentasi pastoral, respons lemah terhadap zaman; Ketiga, Solusi; Model integratif berbasis 3 pilar (kurikulum inkulturatif, komunitas perjumpaan, kemitraan); Keempat, Identitas Sekolah; Ruang profetis: agen perubahan, laboratorium nilai, komunitas pengharapan; Kelima, Tantangan ke Depan; Reformasi kebijakan inklusif dan formasi guru-misioner. Dengan demikian pentingnya penerapan Evangelium Gaudium dalam pendidikan Katolik melalui pastoral sekolah sebagai pewartaan Injil yang lebih mendalam dan konkret bagi peserta didik
Referensi
Amsikan, Modesta. 2024. “Pengaruh Pastoral Sekolah Bagi Pembinaan Dan Pengembangan Iman Remaja SMPK Di Kota Kefamenanu.” JURNAL PROPHETA 11(2):15–32. doi: https://doi.org/10.61717/p.v11i2.102.
Bhakti, Angga Satya. 2024. “Konsepsi Pendidikan Katolik Menurut Dokumen Mendidik Di Masa Kini Dan Masa Depan Semangat Yang Diperbarui (Instrumentum Laboris.” Vocat: Jurnal Pendidikan KatolikJurnal Pendidikan Katolik 4(1):36–45. doi: https://doi.org/10.52075/vctjpk.v4i1.447.
Braun, Virginia, and Victoria Clarke. 2006. “Using Thematic Analysis in Psychology.” Qualitative Research in Psychology 3(2):77–101. doi: 10.1191/1478088706qp063oa.
Creswell, John W., and J. David Creswell. 2018. A Mixed-Method Approach. California: SAGE Publications, Inc.
Fransiskus, Paus. 2013. “Evangelisasi Gaudium: Sukacita Injil.” Departemen Dokumentasi Dan Penerangan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) 1(1):63–72. doi: 10.57079/lux.v1i1.12.
Groome, Thomas H. 2011. Will There Be Faith?: A New Vision for Educating and Growing Disciples. New York: HarperOne.
Harisa US, Harisa US, Siti Nor Asiah, and Rahmat Hamdani. 2022. “Manajemen Perencanaan, Pembelajaran Dan Penilaian AUD Berbasis Nilai-Nilai Agama Islam.” Journal of Instructional and Development Researches 2(6):234–40. doi: 10.53621/jider.v2i6.171.
Haru, Emanuel. 2020. “Peran Guru Pendidikan Agama Katolik Sebagai Gembala.” Jurnal Alternatif Wacana Ilmiah Interkultural 10(1):43–62. doi: https://doi.org/10.60130/ja.v10i1.42.
Kawi, Kasymirus, and Antonela Batlyol. 2016. “Pastoral Yang Berdaya Sapa.” SAPA - Jurnal Kateketik Dan Pastoral 1(1):26–42. doi: 10.53544/sapa.v1i1.7.
Krippendor, Klaus. 2004. Content Analysis An Introduction to Its Methodology. Vol. 31. California: SAGE Publications, Inc.
Kurnia Saputra, Yohanes Chandra. 2023. “Esensi Pastoral Sekolah Dalam Membangun Komunitas Kristiani Di Sekolah Katolik.” JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik 23(1):151–63. doi: 10.34150/jpak.v23i1.423.
KWI. 2015. “Mendidik Di Masa Kini Dan Masa Depan: Semangat Yang Diperbaharui.” Dokumen Gereja Katolik Konsili Vatikan II 393–424.
KWI, DOKPEN. 1993. Dokumen Konsili Vatikan II.
Miller, Archbishop J. Michael. 2006. “The Holy See’s Teaching On Catholic Schools.”
Mirnawati, Nur Oktavianty, Muh. Judrah, Safaruddin, and Akbar. 2023. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik.” Journal of Instructional and Development Researches 3(1):35–40. doi: 10.54371/jiip.v5i2.446.
Mohammad Roni, Melvy Karenia Putri, Juhaeni Juhaeni, Ninik Mahyuni, and Safaruddin Safaruddin. 2021. “Implementasi Media Visual Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Kelas IV MI Nahdatul Ulama’ Ngingas Waru Sidoarjo.” Journal of Instructional and Development Researches 1(3):130–35. doi: 10.53621/jider.v1i3.73.
Muaja, David Christopher Andrew, Firmus Sunlety, and Teresia Lian Ruban. 2024. “Pentingnya Pendidikan Agama Katolik Bagi Siswa-Siswi Katolik Menurut Catechesi Tradendae.” PINELENG THEOLOGICAL REVIEW ( PThR ) 1(1):13–52. doi: https://doi.org/10.53396/pthr.v1i1.193.
Poto, Maria Kumala Mutiara, and Natalis Sukma Permana. 2024. “Penguatan Identitas Sekolah Katolik Melalui Penerapan Program Pastoral Sekolah Di Smak St Thomas Aquino Mojokerto Maria.” CREDENDUM: Jurnal Pendidkan Agama 6(1):80–93. doi: https://doi.org/10.34150/credendum.v2i2.736.
Rosmini, Natalia, and Agustinus Supriyadi. 2020. “Dampak Pastoral Sekolah Bagi Perkembangan Iman Remaja Smpk Di Kota Madiun.” CREDENDUM: Jurnal Pendidkan Agama 2(1):52–61. doi: https://doi.org/10.34150/credendum.v2i1.857.
Srie, Leo Agung, Gunawan, and Kaisar Octavianus Sihombing. 2020. “Pendidikan Tenaga Pastoral Yang Integral Dan Kontekstual Di Indonesia.” Logos Jurnal Filsafat Teologi 17(1):68–97. doi: https://doi.org/10.54367/logos.v17i1.1040.
Tibo, Paulinus. 2016. “Pendidikan Agama Katolik Menjadi Sentral Di Dalam Keluarga Sebagai Ecclesia Domestica Menyikapi Arus Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Dewasa Ini Paulinus.” Jurnal SEPAKAT 3. doi: https://e-jurnal.stipas.ac.id/index.php/SEPAKAT/article/view/35/43.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Yohanes Hego Mukin, Gerardis Mayela Barek Bala, Elisabeth Wesan Raring, Noviana Boleng Lamarobek, Krisantus Minggu Kwen

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.







