Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Katolik Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas III SD YPPK Santa Maria Fatima Kelapa Lima Merauke
DOI:
https://doi.org/10.60011/jumpa.v12i1.146Kata Kunci:
Media Gambar, Media Pembelajaran, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Katolik, Hasil Belajar Pendidikan Agama KatolikAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media gambar sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus dengan bentuk team teaching. Lokasi penelitian di SD YPPK Santa Maria Fatima Kelapa Lima Merauke dengan siswa kelas III sebanyak 24 orang. Data penelitian dikumpulkan dengan lembar observasi, instrumen tes, serta lembar kerja siswa. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan siswa dalam KD 1 pada periode pra-siklus ditunjukkan dengan nilai rata-rata kelas sebesar 65, mengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II menjadi 69 dan 76. Persentase siswa yang mencapai KKM untuk KD 1 juga menunjukkan peningkatan. Pada periode pra siklus sebesar 52 % meningkat pada akhir siklus I dan II sebesar 70,8% dan 83%. Selain itu hasil observasi aktivitas siswa di kelas juga menunjukkan peningkatan partisipasi belajar siswa di kelas yaitu pada siklus I sebanyak 16 siswa dan siklus II sebanyak 20 siswa. Berdasarkan data-data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan penelitian ini penulis merekomendasikan penggunaan media pembelajaran yang menggunakan pendekatan visual dan auditori untuk siswa kelas kecil seperti kelas I, II dan III di SD.
Referensi
Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan: Konsep, Teori dan Aplikasinya (C. Wijaya & Amiruddin, Ed.). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Mukhtazar. (2020). Prosedur Penelitian Pendidikan. Absolute Media.
Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran. GP Press Group.
Pranyoto, Y. H. (2014). Paradigma Pedagogi Refleksi (PPR): Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Masalah Pastoral, 3(1), 68–86. https://doi.org/https://doi.org/10.60011/jumpa.v3i1.14
Pranyoto, Y. H. (2018). Revitalisasi Pendidikan Agama Katolik Di Sekolah Sebagai Upaya Meningkatkan Moralitas Anak Didik. Jurnal Masalah Pastoral, VI(2), 46–64. https://doi.org/https://doi.org/10.60011/jumpa.v6i2.67
Pranyoto, Y. H. (2020). Hubungan antara Pergaulan Kelompok Sebaya dengan Hasil Belajar Mahasiswa Di Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobus Merauke. Jurnal Masalah Pastoral, VIII(2), 133–141. https://doi.org/ttps://doi.org/10.60011/jumpa.v8i2.110
Pranyoto, Y. H. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Katolik Pada Siswa Kelas V SD YPPK Don Boscho Budhi Mulia Merauke. Jurnal Masalah Pastora, XI(1), 1–17. https://doi.org/https://doi.org/10.60011/jumpa.v10i2.128
Pranyoto, Y. H., & Belang, B. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar, Kelompok Sebaya dan Profesionalisme Dosen Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Di Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobus Merauke. Jurnal Masalah Pastoral, 7(2), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.60011/jumpa.v7i2.91
Rotina, S. (2016). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Alfabeta.
Sadiman, A. (1986). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Rajawali Pers.
Salang, J. M., & Pranyoto, Y. H. (2021). Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Di Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobus Merauke. Jurnal Masalah Pastoral, 9(2), 53–66. https://doi.org/https://doi.org/10.60011/jumpa.v9i2.115
Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Di SDN Cikokol 2. Dalam Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Vol. 2, Nomor 1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/assabiqun
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Sumardi. (2020). Teknik Pengukuran Dan Penilaian Hasil Belajar. Deepublish.
Wahyuningsih, E. S. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Deepublish.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Yohanes Hendro Pranyoto, Edmunda
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.