Pengaruh Penggunaan Media Sosial Facebook Terhadap Perilaku Belajar Mahasiswa Di Asrama Asmat Kelapa Lima Merauke

Penulis

  • Yohanes Hendro Pranyoto STK St. Yakobus Merauke
  • Apang Pinim STK St. Yakobus Merauke

DOI:

https://doi.org/10.60011/jumpa.v10i2.60

Kata Kunci:

Media Sosial, Facebook, Perilaku Belajar, Mahasiswa Asmat

Abstrak

Topik tulisan ini terinspirasi oleh situasi dan kondisi yang terjadi di asrama Asmat Merauke yakni hampir 90% mahasiswa penghuni asrama lebih dominan menggunakan akses internet yang disediakan untuk mengakses media sosial Facebook sebagai sarana untuk kesenangan semata dan bukan untuk menunjang proses belajar. Tulisan ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh media sosial khususnya Facebook terhadap perilaku belajar mahasiswa di asrama Asmat Kelapa Lima Merauke. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan model regresi. Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa di asrama Asmat sebanyak 53 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan ialah angket dengan model skala Likert yang dikembangkan dalam 4 skala penilaian. Hasil pengujian persyaratan analisis meliputi uji normalitas, linieritas dan heterokedastisitas menunjukkan bahwa data layak diuji secara parametrik untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 5% (< 0,05) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak dengan kata lain terdapat pengaruh media sosial Facebook terhadap perilaku belajar mahasiswa di asrama Asmat. Variabel penggunaan media sosial Facebook berpengaruh secara signifikan terhadap variabel perilaku belajar mahasiswa Asmat sebesar 78%, sementara 22% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Hubungan antara variabel bebas terhadap variabel terikat sangat kuat dan signifikan. Hal tersebut ditunjukkan dari nilai Pearson Correlation dengan nilai sebesar 0,883. Dari penelitian ini dihasilkan rumus persamaan regresi untuk model penelitian ini adalah Y= -23,179 + 1,654X. Dari penelitian ini penulis menyarankan agar perlunya ditingkatkan fungsi kontrol atau pengawasan atas fasilitas yang ada di asrama khususnya jaringan internet, pemberdayaan fungsi pengelola asrama dan pembinaan mahasiswa asrama oleh orang tua, pengelola ataupun pemerintah daerah agar mahasiswa mampu meningkatkan motivasi dan kemampuan mengelola waktu belajar dengan efektif dan efisien.

Referensi

Alessi, S.M. dan Trollip, S.R. 1985. Computer-Based Instruction: Development. Englewood Cliffs: Prenctice-Hall, Inc.

Endang Saryanti. 2011. Kajian Empiris Atas Perilaku Belajar, Efikasi Diri dan Kecerdasan Emosional yang Berpengaruh Pada Stres Kuliah Pada Mahasiswa Akuntansi.

Perguruan Tinggi Swasta di Surakarta. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Perbankan, 19 (18) 2252-7885.

Eni Maryani. 2011. Media dan Perubahan Sosial. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Faida N, Nadia. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Citra Tubuh Mahasiswa Jurusan Ushuluddin dan Dakwah STAIN Ponorogo Tahun 2016” (Studi Kasus di Jurusan Ushuluddin dan Dakwah STAIN Ponorogo). Skiripsi Sarjana. STAIN Ponorogo: Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam.

Gie, Liang. 1988. Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: Studi Press

Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan. (Cetakan ke-7). Bandung: Penerbit PT. Citra Aditya Bakti.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar (Cetakan ke-6). Bandung: PT Bumi Aksara.

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial Prespektif Komunikasi Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Soemanto, Wasty. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Soemanto, Wasty. 2006. Psikologi Pendidikan: Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan (Cetakan Ke- 5). Jakarta: Rineka Cipta.

Suryaningsum, dkk. 2008. Kajian Empiris Atas Perilaku Belajar dan kecerdasan Emosional dalam Mempengaruhi stres Kuliah mahasiswa Akuntansi. Simposium Nasional Akuntansi (SNA) Ke XI Pontianak, 23-24 Juli 2008.

Stevanus Geli. 2020. Pengaruh Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Sekolah Tinggi Katolik St. Yakobus Merauke. Skripsi Sarjana. Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobus Merauke: Prodi Pendidikan Keagamaan Katolik.

Suwardjono, D. 2004. Perilaku Belajar di Perguruan Tinggi. Makalah Seri Pendidikan. Yogyakarta.

Tim Pusat Humas Kementerian Perdagangan RI. 2014. Panduan Optimalisasi Media Sosial untuk Kementerian Perdagangan RI. Jakarta: Pusat Hubungan Masyarakat.

Tony Hendroyono. 2009. Facebook Situs Sosial Networking Bernilai 15 Miliar. Yogyakarta. PT Bentang Pustaka.

Unduhan

Diterbitkan

03-10-2022

Cara Mengutip

Pranyoto, Y. H., & Pinim, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Facebook Terhadap Perilaku Belajar Mahasiswa Di Asrama Asmat Kelapa Lima Merauke. Jurnal Masalah Pastoral, 10(2), 14–27. https://doi.org/10.60011/jumpa.v10i2.60

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>