Pengembangan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan English Speaking Skill Bagi Pebelajar Di Asrama Pendidikan Satu Atap Wasur Kabupaten Merauke

Penulis

  • Steven Ronald Ahlaro STK St. Yakobus Merauke

DOI:

https://doi.org/10.60011/jumpa.v5i1.39

Kata Kunci:

Pengembangan, Media Video Pembelajaran, English Speaking Skill

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran
yang diharapkan dapat membantu meningkatkan kecakapan berbahasa
Inggris pebelajar di Asrama Pendidikan Satu Atap Wasur, Kabupaten
Merauke. Model pengembangan yang digunakan dalam peneilitian ini
yakni model Analisis, Design, Development, Implementation dan
Evaluation (ADDIE). Untuk mengetahui kelayakan media video yang
dikembangkan, maka dilakukan evaluasi terhadap aspek validitas,
kepraktisan dan keefektifan media video dimaksud. Instrumen yang
digunakan untuk mengumpulkan data terkait validitas dan kepraktisan
media yakni, angket dan lembar observasi. Teknik yang digunakan untuk
mengetahui keefektifan media video yang dikembangkan yakni one group
pretest posttest design. Jumlah subyek yang dilibatkan dalam penelitian ini
sebanyak 46 orang pebelajar (2 pebelajar sebagai subyek dalam one to
one trial (uji coba perorangan), 8 pebelajar sebagai subyek dalam small
group trial (uji coba kelompok kecil), 16 pebelajar sebagai subyek dalam
field trial (uji coba kelompok besar) and 20 pebelajar sebagai subyek
dalam pilot test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa video yang
dikembangkan telah dapat dikatakan valid, 96,7% rencana pembelajaran
yang direncanakan telah dapat terlaksanakan sebagaimana direncanakan,
oleh karena itu video tersebut dinilai praktis, dan signifikansi perbedaan
nilai antara nilai pretest dan posttest adalah 0,00 (berada di bawah 0,05),
oleh karenanya video tersbut telah dapat dikatakan efektif dalam
meningkatkan English Speaking Skill para pebelajar.

Referensi

Heinich, R., Moelenda, M., Russell, D.J., and Smaldino, E.S. 2002.

Instructional Media and Technologies for Learning. New Jersey:

Pearson Education, Inc.

Nweby, J.T., Stepich, A.D., Lehman, D.J., Russel, D.J., and Leftwich, O.A.

Educational Technology for Teaching and Learning. Boston:

Pearson Education, Inc.

Branch, M. R. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. New

York: Springer.

Nieveen, N., Plopm, T., Akker. J.V.D., Bannan, B., and Kelly, A.E. 2010.

An Introduction to Educational Design Research. Nederland:

Netzodruk, Enschede.

Harmer, J. _The Practice of English Language Teaching. Cambridge -

United Kingdom: Longman.

Smaldino, E.S, Russell, D.J., Heinich, R., Moelenda, M. _ Instructional

Technology and Media. New Jersey: Pearson Education, Inc.

McArdle, A. 2011. Instructional Design for Action Learning. United States

of America: America Management Assosiation (AMA)

Alderson, J. C., Clapham, C., and Wall, D. 1995. Language Test

Construction and Evaluation. Great Britain: Cambridge University

Press.

Akker, J. V. D., Branch, R. M., Gustafson, K., Nieven, N., and Plomp, T.

Design Approaches and Tools in Education and Training.

Kluwer Academic Publishers

Sudjana, D. dan Rivai, A. 2009.Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru

Algensindo

Unduhan

Diterbitkan

01-04-2017

Cara Mengutip

Ahlaro, S. R. (2017). Pengembangan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan English Speaking Skill Bagi Pebelajar Di Asrama Pendidikan Satu Atap Wasur Kabupaten Merauke. Jurnal Masalah Pastoral, 5(1), 19–37. https://doi.org/10.60011/jumpa.v5i1.39