Dampak Psikologis Mahasiswa STK St. Yakobus Merauke Pada Pembelajaran Daring Mata Kuliah Psikologi Perkembangan di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.60011/jumpa.v9i1.121Kata Kunci:
Covid-19, dampak psikologis, pembelajaran daringAbstrak
Pademi Covid-19 mendorong dosen untuk lebih kreatif menyajikan pembelajaran dalam proses perkuliahan secara daring yang sebelumnya menggunakan pembelajaran konvensional. Pembelajaran daring menjadi salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memutus rantai penyebaran Covid 19. Tujuan dari kajian ini untuk mengetahui sejauhmana dampak pembelajaran daring pada mahasiswa Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobus Merauke pada mata kuliah Psikologi Perkembangan. Data yang diperoleh berdasarkan hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa (1) sebagian besar mahasiswa tidak memiliki smartphone dan laptop, (2) mahasiswa kesulitan untuk membeli paket data, (3) konektivitas internet (wifi) yang disediakan kampus sering trouble atau putus nyambung dan (4) curah hujan yang tinggi dan angin kencang mengakibatkan konektivitas jaringan internet terputus. Sebagai upaya untuk membantu proses pembelajaran daring pada mahasiswa Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobus Merauke dengan (1) menyediakan ruang laboratorium computer yang terkoneksi dengan jaringan internet, (2) menyediakan ruang laboratorium audiovisual yang representatif dan terkoneksi jaringan internet, (3) menambah bandwit dan (4) memfokuskan titik-titik akses konektivitas internet yang cepat dan lancar seperti di kantin dan pelataran kampus.
Referensi
Astuti, P., & Febrian, F. (2019). Blended Learning Syarah: Bagaimana Penerapan dan Persepsi Mahasiswa. Jurnal Gantang, 4(2), 111-119. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1560
Enriquez, M. A. S. (2014). Students’ Perceptions on the Effectiveness of the Use of Edmodo as a Supplementary Tool for Learning. DLSU Research Congress. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Firman. F dan Rahayu. S 2020. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19.
Indonesia Jurnal Of Educational Science (IJES) 2 (2), 81-89.
Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/jjheduc.2013.06.002
Jamaluddin. D, Ratnah T, Gunawan H & Paujiah E. 2020. Pembelajaran daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi dan Solusi. LP2M
Kumar, V., & Nanda, P. (2018). Social Media in Higher Education. International Journal of Information and Communication Technology Education. https://doi.org/10.4018/ijicte.2019010107
Kuo, Y. C., & Belland, B. R. (2014). Interaction, Internet self-efficacy, and self-regulated learning as predictors of student satisfaction in online education courses. Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/jiheduc.2013.10.001
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99-110. 10.24235/ileal.v3i1.1820
Moor, J l Dikson, Deane.C & Galyen K. 2011. E-Learning online learning and distance learning environments. Are they the same. https://doi.org/10.1016/jiheduc.2010.10.001
Naserly, M. K. (2020). Implementasi Zoom, Google Classroom dan Whatsapp Group dalam mendukung Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris. Universitas Bina Nusantara.
Oknisih, N., & Suyoto, S. (2019). Penggunaan Aplikasi Online Sebagai Upaya Kemandirian Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 1, No. 01)
Permenkes ri no 9 thn 2020. Tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).
Sicat, A. S. (2015). Enhancing College Students’ Proficiency in Business Writing Via Schoology. International Journal of Education and Research.
Sun, S. Y. H. (2014). Learner perspectives on fully online language learning. Distance Education. https://doi.org/10.1080/01587919.2014.891428
Zhang, D., Zhao, J. L., Zhou, L., & Nunamaker, J. F. (2004). Can e-learning replace classroom learning? Communications of the ACM. https://doi.org/10.1145/986213.986216
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Resmin Manik

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.