Implementasi Model Pembelajaran Pendidikan Agama Katolik Di Sekolah Sebagai Bentuk Pembinaan Moralitas Siswa Di Smp Yppk Santo Mikael Kabupaten Merauke

Penulis

  • Dedimus Berangka STK St. Yakobus Merauke

DOI:

https://doi.org/10.60011/jumpa.v5i1.43

Kata Kunci:

Pendidikan Agama Katolik, Moralitas, Model Pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas implementasi model pembelajaran Pendidikan Agama Katolik di sekolah terhadap peningkatan kualitas moral siswa-siswi SMP khususnya di SMP YPPK St. Mikael Kabupaten Merauke. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian field research atau penelitian lapangan dimana peneliti terlibat sebagai observer. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan studi dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi degradasi moral siswa/i yakni faktor internal (kesadaran siswa untuk dibimbing dan dibentuk dalam proses pendidikan), keluarga (pola asuh yang cenderung permisif dari orangtua terhadap anak), masyarakat (tidak adanya fungsi kontrol sosial dari masyarakat) dan ekonomi (kebutuhan dasar anak tidak terpenuhi dan tuntutan untuk mencari nafkah). Mengatasi permasalahan moralitas siswa, pihak sekolah berusaha mengimplementasikan PAK untuk membina moral siswa/i yakni dengan cara menggunakan pribadi Yesus maupun santo-santa sebagai model pribadi untuk ditiru perilaku dan perbuatan baik mereka (imitasi/pemodelan), memberikan bimbingan dan pengawasan langsung kepada siswa/i serta kegiatan-kegiatan pembinaan iman sebagai bentuk kegiatan ekstrakurikuler Pendidikan Agama Katolik yang dilakukan secara intensif dan berkesinambungan seperti retret, rekoleksi, ziarah, perayaan sakramen dan sakramentali.

Referensi

Agus Cremer. 2007. Tahap-tahap Perkembangan Kepercayaan menurut James Fowler Sebuah Gagasan Baru dalam Agama. Yogyakarta: Kanisius.

Amran YS Chaniago. 2008. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Budiono, A. P. 2009. Bunga Rampai Katekese. Malang: STP IPI Malang.

Dister, N.S. 2008. Pengalaman dan Motivasi Beragama. Yogyakarta: Kanisius.

Dokumen Konsili Vatikan II. 1993. Terjemahan R. Hardawiryana. Jakarta: Obor.

Driyarkara. 1980. Driyarkara Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Fernandez, C. 2006. Meneropong Pendidikan SDM Handal. Kupang: Gita Kasih.

Freire, Paulo. 1999. Politik Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

----------------. 2001. Pendidikan Hati. Yogyakarta: Kanisius.

Harris, Maria. 2011. Teaching and Religious Imagination: An Eassy in the Theology of Teaching. New York: Harper Collins.

Hurlock, Elizabeth. 2003. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Gramedia.

Komisi Kateketik KWI. 2004. Menjadi Murid Yesus Pendidikan Agama Katolik Untuk Sekolah Dasar. Yogyakarta: Kanisius.

Lalu, Yosef, dkk. 2003. Menjadi Murid Yesus, Pendidikan Agama Katolik. Yogyakarta: Kanisius.

Raymond Tambunan. 2006. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Delta Publishing.

Retno, M, dkk. 2005. Pendidikan Manusia Yang Etis dan Terbuka. Yogyakarta: Universitas Sanata Darma.

Yustina. 2010. Paradigma Pendidikan di Era Global, Majalah Educare. No. 9/VII/Desember 2010, Jakarta: Komisi Pendidikan KWI.

Unduhan

Diterbitkan

01-04-2017

Cara Mengutip

Berangka, D. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Pendidikan Agama Katolik Di Sekolah Sebagai Bentuk Pembinaan Moralitas Siswa Di Smp Yppk Santo Mikael Kabupaten Merauke. Jurnal Masalah Pastoral, 5(1), 95–127. https://doi.org/10.60011/jumpa.v5i1.43

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama