Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobus Merauke

Penulis

  • Dedimus Berangka STK St. Yakobus Merauke
  • Ferdinandus Wuli STK St. Yakobus Merauke

DOI:

https://doi.org/10.60011/jumpa.v8i1.97

Kata Kunci:

Media Audio Visual, Motivasi Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh media audio visual terhadap motivasi belajar mahasiswa dan mengetahui besarnya pengaruh media audio visual terhadap motivasi belajar mahasiswa. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan model analisis regresi. Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa-mahasiswi Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobus Merauke sebanyak 60 orang. Instrument yang digunakan ialah angket dengan bentuk skala sikap deferensial semantik dengan jumlah butir instrument penelitian variabel media audio visual sebanyak 30 soal dan motivasi belajar sebanyak 30 soal. Dari hasil validitas dengan taraf signifikansi 0,05 dengan N 60 orang dengan nilai kritis 0,25 pada variabel media audio visual diperoleh sebanyak 29 item valid dan pada variabel motivasi belajar diperoleh 27 item valid. Pada variabel media audio visual terdapat nilai Cronbach's Alpha sebesar 0,829 dan pada variavel motivasi belajar terdapat nilai Cronbach's Alpha sebesar 0,740 dengan N of Items 30. Hasil analisis data pada variabel media audio visual menunjukkan bahwa tingkat frekuensi mahasiswa dalam menggunakan media audio visual dalam belajar tergolong baik yakni sebesar 75% dan memiliki motivasi belajar yang baik ditunjukkan dengan nilai persentase sebesar 73,34%. Dari hasil penelitian dan analisis data diketahui bahwa nilai Fhitung pada tabel anova sebesar 60,909 dengan memiliki df2 sebesar 58. Analisis nilai Fhitung pada tabel anova, diperoleh signifikasi sebesar 0,000 yang berarti 0,000<0,05. Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak yang menunjukkan bahwa media audio visual berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa STK St. Yakobus Merauke sebesar 0,512 atau 51,2. Berdasarkan hasil penelitian penulis menyarankan agar dosen dan mahasiswa harus meningkatkan penggunanan media audio visual dalam perkuliahan dan pembelajaran, lembaga perlu meninggkatan penyediaan media pembelajaran audio visual di kampus Sekolah Tinggi Katolik St. Yakobus Merauke guna mendukung proses belajar mahasiswa.

Referensi

Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Depdiknas RI. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Handoko, M. 1992. Motivasi Daya Penggerak Tingkah Laku. Kanisius: Jogjakarta.

Hsiang Yung Feng, et.al. 2013. The Relationship Of Learning Motivation And Achievement In Efl: Gender As An Intermediated Variable, Vol. 2 No. 2.

Yamin, Martinis. 2007. Kiat Membelajarkan Mahasiswa. Jakarta: Gunung Persada Press.

Hamalik, Oemar. 2012. Proses Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto, M.N. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Rusman, 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Saefullah, K. H. U. 2012. Psikologi Perkembangan dan Pendidikan. Pustaka

Setia: Bandung.

Sandra Oktadinata .2011. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Pada Standar Kompetensi Memperbaiki Sistem Starter Dan Pengisian Di Smk Muhammadiyah 4 Klaten Tengah. Skripsi: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Wuitt,W. 2001. Motivation To Learn. An Overview. Educational Psychology Interactive. Valdosta: Saldosta State University.

Y . I. Iswarahadi, SJ. 2003. Beriman Dengan Bermedia. Yogyakarta: Kanisius.

Unduhan

Diterbitkan

01-04-2020

Cara Mengutip

Berangka, D., & Wuli, F. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobus Merauke. Jurnal Masalah Pastoral, 8(1), 1–15. https://doi.org/10.60011/jumpa.v8i1.97

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama