Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Di Asrama Putri Santa Theresia Merauke

Penulis

  • Dedimus Berangka STK St. Yakobus Merauke
  • Rosina Rahado STK St. Yakobus Merauke

DOI:

https://doi.org/10.60011/jumpa.v7i2.92

Kata Kunci:

Implementasi, Nilai-Nilai, Pendidikan, Karakter, Asrama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan nilai-nilai pendidikan karakter yang telah diterapkan di Asrama Putri Santa Theresia Merauke sekaligus mencari solusi atas persoalan-persoalan yang dihadapi dalam proses penerapan nilai-nilai tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket, observasi dan wawancara. Populasi penelitian ini adalah semua anggota Asrama Putri Santa Theresia Merauke berjumlah 22 orang. Sedangkan sampel penelitian adalah 15 orang antara lain 14 orang siswi asrama dan 1 orang Pembina Asrama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 4 kelompok nilai-nilai pendidikan karakter yang diterapkan, antara lain: nilai-nilai spiritualitas, nilai-nilai pendidikan prestasi akademik, nilai-nilai keterampilan dan minat bakat, serta nilai-nilai kepedulian sosial dan cinta damai. Secara umum, Asrama Putri Santa Theresia Merauke telah menerapkan empat nilai pendidikan karakter tersebut namun belum maksimal. Ada salah satu nilai yang menunjukkan persentase yang rendah yaitu nilai kepedulian sosial dan cinta damai. Faktor yang turut berpengaruh adalah faktor internal (latar belakang budaya dan kebiasaan yang berbeda) dan faktor eksternal berupa keterbatasan finansial, kelemahan fungsi kontrol, keterbatasan tenaga pembina asrama, dan keterbatasan latar belakang pendidikan pembina asrama. Oleh karena itu, cara-cara yang ditempuh pembina adalah hadir tepat waktu pada setiap kegiatan, dan menjadi teladan bagi siswi asrama. Berdasarkan hasil penelitian ini maka penulis menyarankan agar pembina asrama perlu meningkatkan fungsi kontrol dan pengawasan serta pembinaan mental bagi siswi asrama agar tidak terjadi tindakan-tindakan indisipliner.

Referensi

Ali, Lukman.1998. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikandan Kebudayaan.

Arikunto, Suharsimi. 1998.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineke Cipta.

Dewantara, Ki Hadjar. 1962. Karya Ki Hadjar Dewantara. Yogyakarta: Taman Siswa.

Doni Koesoema. 2007. Pendidikan Karakter.Jakarta: Grasindo.

Fatmawati, Etma. 2015. Profil Pesantren Mahasiswa. Yogyakarta: LKis Pelangi Aksara.

Hakim, Lukman.Presiden Jokowi Ingin Pendidikan Karakter Jadi Perhatian di https://news.detik.com/berita/d-3397908/, (akses tanggal 20 September 2018).

Ikbar, Yanuar. 2012. Metode Penelitian Sosial Kualitatif. Bandung: PT. Refika Aditama.

Listyarti, Retno. 2012. Pendidikan Karakter dalam Aktif, Inovasi dan Kreatif.Jakarta: Erlangga.

Maryatmo.2016. Pendidikan Karakter di https://pendidikankarakter/, (akses tanggal 25 April 2018).

Ramli, T. 2003. Pendidikan Moral dalam Keluarga. Jakarta: Grasindo.

Wiryopranoto, Suhartono. 2017. Ki Hajar Dewantara: Pemikiran dan Perjuangannya. Jakarta: Museum Kebangkitan Bangsa Direktorat Jenderal Kebudayaan.

Unduhan

Diterbitkan

02-10-2019

Cara Mengutip

Berangka, D., & Rahado, R. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Di Asrama Putri Santa Theresia Merauke. Jurnal Masalah Pastoral, 7(2), 12–26. https://doi.org/10.60011/jumpa.v7i2.92

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama