Pengaruh Simulasi Micro Teaching Terhadap Keterampilan Pengelolaan Kelas Mahasiswa Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobus Merauke Di Sekolah

Penulis

  • Dedimus Berangka STK St. Yakobus Merauke

DOI:

https://doi.org/10.60011/jumpa.v6i2.69

Kata Kunci:

micro teaching, keterampilan, pengelolaan kelas

Abstrak

Tulisan ini bertujuan untuk melihat apakah micro teaching bermanfaat bagi mahasiswa dalam membentuk dan mengembangkan keterampilan mengajar mahasiswa khususnya keterampilan pengelolaan kelas, untuk melihat kriteria keterampilan pengelolaan kelas dan seberapa besar pengaruh micro teaching terhadap keterampilan pengelolaan kelas. Micro teaching merupakan kegiatan mengajar yang dilakukan dengan cara menyederhanakan yakni dengan memperkecil jumlah murid, waktu, bahan mengajar dan merupakan upaya dalam mengembangkan keterampilan mengajar. Keterampilan pengelolaan kelas merupakan keterampilan dan usaha seorang calon guru atau guru untuk mengatur kegiatan proses belajar mengajar secara sistematis. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa-mahasiswi Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobus Tahun Akademik 2017/2018 yang sudah lulus mata kuliah micro teaching dan PPL SD atau PPL SMP/SMA. Sampel penelitian ini adalah 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa micro teaching bermanfaat bagi mahasiswa-mahasiswi PPL dalam pengelolaan kelas yakni sebesar 60% (18 orang). Dalam keterampilan pengelolaan kelas termasuk kategori baik dengan hasil 53,3% (16 orang). Dari hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa pengaruh variabel micro teaching terhadap variabel keterampilan pengelolaan kelas sebesar 80,2 % dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Ini berarti terdapat pengaruh yang sangat signifikan dari micro teaching terhadap keterampilan pengelolaan kelas.

Referensi

Asmadawati. (2014). Keterampilan Mengelola Kelas. Logaritma Vol. II, No.02 Juli. IAIN: Padangsidimpuan.

Abdul Majid. (2012). Perencanaan Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Barnawi dan M. Arifin. (2015). Micro Teaching, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Dadang Sukirman. (2012). Pembelajaran Micro Teaching. Cetakan ke-2 (edisi Revisi), Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatimah Kadir. (2014). Keterampilan Mengelola Kelas Dan Implementasinya Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Al-Ta’dib. Vol.7 No. 2 Juni-Desember, STAIN Sultan Qaimuddin: Kendari.

Minal Ardi. (2014). Pelaksanaan Pembelajaran Micro Teaching Bagi Mahasiswa Program Studi PPKN STKIP-PGRI Pontianak. Jurnal Edukasi, Vol.1, No.1 Juni 2014, Pontianak: IKIP-PGRI.

Moh. Uzer Usman. (2002). Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula, Bandung: Alfabeta.

Samion dkk. (2012). Pedoman Pengajaran Mikro dan Praktek Pengalaman

Lapangan (PPL), Pontianak : Fahruna bahagia.

Sardiman AM.(2005). Belajar Pembelajaran, Jakarta : Rineka Cipta.

Stanislaus S. Uyanto. (2006). Pedoman Analisis Data Dengan SPSS, Yogyakarta: Graha Ilmu

Sugiyono. (1999). Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

02-10-2018

Cara Mengutip

Berangka, D. (2018). Pengaruh Simulasi Micro Teaching Terhadap Keterampilan Pengelolaan Kelas Mahasiswa Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobus Merauke Di Sekolah. Jurnal Masalah Pastoral, 6(2), 76–98. https://doi.org/10.60011/jumpa.v6i2.69

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama