PENGARUH PROFESIONALITAS GURU AGAMA KATOLIK TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI II MERAUKE

Penulis

  • Dedimus Berangka STK St. Yakobus Merauke

DOI:

https://doi.org/10.60011/jumpa.v11i2.134

Kata Kunci:

Profesionalitas Guru PAK, Hasil Belajar, Kognitif PAK

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui adanya pengaruh profesionalitas guru agama Katolik terhadap hasil belajar kognitif PAK, 2) mengatahui besarnya pengaruh profesionalitas guru agama Katolik terhadap hasil belajar kognitif PAK dan 3) mengetahui upaya apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas hasil belajar kognitif PAK siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan model analisis regresi. Sampel dari penelitian ini adalah siswa-siswi agama Katolik kelas IX SMP Negeri II Merauke sebanyak 60 orang. Instrumen yang digunakan ialah angket dengan bentuk skala likert dengan jumlah butir instrumen penelitian variabel profesionalitas guru agama Katolik sebanyak 35 soal sedangkan hasil belajar kognitif PAK menggunakan nilai raport semester ganjil. Dari hasil validitas dengan taraf signifikansi sebesar 0,25 pada variabel profesionalitas guru agama Katolik diperoleh sebanyak 33 item valid dan hasil belajar kognitif PAK siswa kelas IX dinyatakan baik. Sedangkan dari uji reabilitas variabel X diperoleh Alfa Cronbach sebesar 0,841 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa butir-butir instrument dalam variabel X yakni profesionalitas guru agama Katolik dalam penelitian ini reliabel atau dapat dipercaya. Sedangkan, hasil hipotetis diperoleh dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Pada tabel model summary diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 0,789. Dapat disimpulkan bahwa variabel bebas berpengaruh sebesar 78,9% atau 79% terhadap variabel terikat, sedangkan 21% dipengaruhi variabel yang tidak diteliti. Hasil analisis data pada nilai Fhitung pada tabel anova yang menyatakan bahwa profesionalitas guru agama Katolik berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif PAK siswa SMP Negeri II Merauke diperkuat dengan hasil deskripsi data yang menunjukan bahwa tingkat frekuensi guru PAK dalam mengajar membimbing dan mengarahkan siswa dengan sangat baik saat proses pembelajaran PAK di sekolah sebesar 57% dan memiliki hasil belajar yang baik ditunjukan dengan nilai persentase sebesar 56,6%. Artinya profesionalitas guru agama Katolik yang memiliki kemampuan mengajar, membimbing dan mengarahkan peserta didik memiliki pengaruh dalam hasil belajar kognitif siswa baik di sekolah maupun di luar sekolah.

Referensi

Arifin, Zainal. (2010). Evaluasi Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

___________. (2012). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Daryanto. (2010). Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dimyati. (2009). Belajar Dan Pembalajaran, Jakarta: Rineka Cipta

Dwi Siswoyo. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Duwi Priyatno. (2009). SPSS untuk Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariate. Yogyakarta: Gava Media.

Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

(2007). Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.

Iskandar. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada.

Kunandar. (2007). (2010). Guru Profesional, Jakarta: PT raja grafindo persada.

Kurniasih. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta. Kata Pena.

Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti. Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rahmah, Noer. (2012). Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Teras.

Sembiring, M.G. (2009). Menjadi Guru Sejati, Yogyakarta: Galangpers

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet

Syah, Muhibbin. (2004). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tatang. (2012). Populasi dan Sampel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Diterbitkan

16-10-2023

Cara Mengutip

Berangka, D. (2023). PENGARUH PROFESIONALITAS GURU AGAMA KATOLIK TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI II MERAUKE. Jurnal Masalah Pastoral, 11(2), 1–21. https://doi.org/10.60011/jumpa.v11i2.134

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama