Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Budaya Sekolah dan Motivasi Belajar Terhadap Disiplin Belajar Siswa SMP Di Lingkungan YPPK Distrik Merauke

Penulis

  • Dedimus Berangka STK St. Yakobus Merauke

DOI:

https://doi.org/10.60011/jumpa.v6i1.55

Kata Kunci:

pola asuh orang tua, budaya sekolah, motivasi belajar, disiplin belajar

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh pola asuh orang tua, budaya sekolah dan motivasi belajar terhadap disiplin belajar siswa SMP Di Lingkungan Yayasan Pendidikan dan Pengajaran Agama Katolik (YPPK) di distrik Merauke Kabupaten Merauke. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 285 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 22 for windows. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap disiplin belajar 3,5%, budaya sekolah terhadap disiplin belajar 46,9%, motivasi belajar terhadap disiplin belajar 39,9%, pola asuh orang tua dan budaya sekolah terhadap disiplin belajar 46,5%, pola asuh orang tua dan motivasi belajar terhadap disiplin belajar 40,9%, budaya sekolah dan motivasi belajar terhadap disiplin belajar 50,9% dan pola asuh orang tua, budaya sekolah dan motivasi belajar terhadap disiplin belajar 50,7%. Saran penelitian ini adalah pentingnya orang tua memperhatikan model pola asuh yang sesuai dengan perkembangan zaman anak untuk meningkatkan disiplin belajar anak. Bagi sekolah diharapkan mengembangkan budaya sekolah yang sudah ada untuk meningkatkan mutu sekolah dan disiplin belajar siswa. Bagi siswa pentingya motivasi belajar dalam mencapai dan meningkatkan prestasi belajar.

Referensi

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Baedowi, B, dkk. 2015. Manajemen Sekolah Efektif. Jakarta: PT. Pustaka Alvabet.

Bahri, Z & Aswan, Z. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Bechuke A.L & Debeila J.R. November 2012. Applying Choice Theory in Fostering Discipline: Managing and Modifying Challenging Learners Behaviours in South African Schools. Vol. 2 No. 22, South Africa: North-West University. Melalui http://www.ijhssnet.com. (Akses tanggal 21 Maret 2016).

Daryanto. 2015. Pengelolaan Budaya dan Iklim Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Edwards, Drew. 2006. Ketika Anak Sulit Diatur. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Handoko, M. 1992. Motivasi Daya Penggerak Tingkah Laku. Kanisius: Jogjakarta.

Heather R. Eubank.2012. Department of Educational Leadership and the faculty of the Graduate School of Wichita State University, Kansas, Amerika Serikat. http://soar.wichita.edu/bitstream/handle/10057/5356/d12006_Eubank.pdf?sequence=1) (Akses 16/6/2016).

Hamalik, Oemar. 2012. Proses Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hurlock, E. 2001. Development Psichology. Terjemahan Istiwidayanti & Soedjarwo. Jakarta: Erlangga.

Kompri. 2014. Manajemen Sekolah. Teori dan Praktik. Alfabeta: Bandung.

Makmun, Abin Syamsudin. 2007. Psikologi Kependidikan; Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Cetakan ke 10. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Mangesti Zaki Sopheia. 2013. Hubungan antara Pola Asuh Orangtua dan Konsep Diri dengan Kemandirian Belajar Pada Siswa Kelas X SMK Wikarya Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi Vol 3 No1. Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret.

Saefullah, K. H. U. 2012. Psikologi Perkembangan dan Pendidikan. Pustaka

Setia: Bandung.

Santrock, John W. 2011. Masa Perkembangan Anak. Terjemahan Werawaty Pakpahan. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.

Stewart & Koch. 1983. Chidren Development Throught Adolescence. Canada: John Wiley and Sons, Inc.

Sunarti, E. 2004.Mengasuh Dengan Hati. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Sanjaya, Ani. 2005. Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas XI SMA 6 Banjarmasin pada Mata Pelajaran Matematik. Jurnal Pendidikan. Banjarmasin: Universitas Achmad Yani.

Sardiman, AM. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Uno, Hamzah B. 2009. Teori Motivasi dan Prngukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Walgito, B. 2002. Pengantar Psikologi Umum. Andi Offset: Bandung.

Yamin, Martinis. 2007. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gunung Persada Press.

Zainal, Khalim & Wan Zulkifli Wan Hassan. 2009. Pendekatan Islam dalam Menangani Masalah Disiplin tegat dalam Kalangan Pelajar Sekolah Vol.1 No.2. Jurnal of Islamic and Arabic Education. Malaysia.

Unduhan

Diterbitkan

01-04-2018

Cara Mengutip

Berangka, D. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Budaya Sekolah dan Motivasi Belajar Terhadap Disiplin Belajar Siswa SMP Di Lingkungan YPPK Distrik Merauke. Jurnal Masalah Pastoral, 6(1), 17–46. https://doi.org/10.60011/jumpa.v6i1.55

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama